PHBI Manado tetapkan 143 lokasi Salat Ied

PHBI Manado tetapkan 143 lokasi Salat Ied

Dokumentasi--Salat Idul Fitri Di Palembang Seorang anak melihat melewati kedua tangannya saat umat muslim melaksanakan salat Id, di Jembatan Ampera Palembang, Minggu (25/6/2017). Setiap tahunnya sebagian warga Kota Palembang memilih untuk memadati Masjid Agung dan titik nol Kota untuk melaksanakan salat Ied. (ANTARA /Feny Selly)

Manado (ANTARA News) - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Manado menetapkan 143 lokasi Salat Idul Fitri 1439 Hirjiyah (Salat Ied) di daerah tersebut.

"Lokasi salat Ied 1439 Hijriyah, kami tetapkan di lapangan, halaman kantor dan masjid yang tersebar di Kota Manado dan sekitarnya," kata Ketua PHBI Manado, Amir Liputo, di Manado, Selasa.

Liputo mengatakan, 143 lokasi tersebut ditetapkan setelah PHBI Manado, setelah melakukan rapat dan menyepakati lokasi yang dianggap sebagai tempat yang tepat, selain masjid untuk melaksanakan salat kemenangan setelah berpuasa selama sebulan.

Menurut Liputo, untuk lapangan-lapangan yang akan digunakan sebagai lokasi Salat Ied ada 19 antara lain, Sparta Tikala, halaman Makodam 13/Merdeka, Ketang-Ternate Baru, di Polda Sulut, Makorem 131/Santiago, sampai halaman Mantos, parkiran rumah sakit Prof Kandou, sampai terminal Malalayang.

"Selain lapangan, masjid menjadi lokasi untuk pelaksanaan salat, bagi warga Manado yang tidak bisa pergi jauh ke lapangan atau halaman Makodam, Makorem, Polda dan lainnya," kata Liputo.

Selain menetapkan lokasi, kata Liputo, pihaknya juga menetapkan khatib dan imam yang akan bertugas pada saat Salat Ied nantinya.

Soal materi khotbah, kata Liputo, yang akan disampaikan nanti, pun sudah disusun, agar berisikan hal-hal yang menyejukan, terutama yang menjaga persatuan dan kesatuan.

"Materi khotbah, sudah dalam bentuk buku yang pada intinya adalah ajakan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, menyesuaikan dengan kondisi bangsa dan negara saat ini, tanpa menyinggung masalah khilafah dan politik," katanya.

Dia menambahkan meskipun sudah menetapkan lokasi shalat, namun penetapan Salat Idul Fitri 1439 Hijriyah tetap menunggu keputusan dan pengumuman Menteri Agama RI.

Pewarta: Joyce Hestyawatie B
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Pemerintah bolehkan shalat tarawih berjamaah di masjid dengan syarat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar