Wina (ANTARA News) - Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) memproduksi lebih banyak minyak pada Mei sebelum pertemuan berikutnya di Wina, sementara pemimpin de facto minyak Arab Saudi meningkatkan produksinya, laporan bulanan terbaru kartel minyak itu menunjukkan pada Selasa (12/6).

Produksi minyak mentah OPEC meningkat sebesar 35.000 barel per hari pada Mei dibandingkan dengan April, setelah berbulan-bulan produksi minyaknya rendah. Jumlah total produksi minyak OPEC mencapai 31,87 juta barel per hari pada Mei.

Arab Saudi, penghasil minyak terbesar di OPEC, adalah penyumbang terbesar untuk peningkatan produksi, memompa lebih dari 85.500 barel per hari pada Mei dibandingkan dengan April. Namun, para anggota kartel masih menunjukkan kesesuaian yang tinggi dengan pagu produksi minyak.

Pagu produksi OPEC adalah 32,5 juta barel per hari, yang telah berlangsung selama lebih dari satu tahun untuk memangkas persediaan minyak mentah global.

OPEC akan mengadakan pertemuan di Wina pada 22 Juni untuk membahas batas atas atau pagu produksi minyak untuk beberapa bulan mendatang.

Baca juga: Harga minyak bervariasi di tengah laporan OPEC

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018