Gringsing, Jawa Tengah, (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Jembatan Kali Kuto yang menghubungkan jalur tol fungsional Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, akan dibuka hari ini  (Rabu, 13/6) mulai pukul 17.00.

"Saya lihat penyelesainnnya sudah banyak kemajuan dan nanti sore Bapak Menteri PUPR Basuki Hadimulyono akan membuka dan uji coba menggunakan mobil lewat jembatan ini," kata Menhub Budi Karya kepada pers di Gringsing, Jawa Tengah, Rabu.

Hal itu disampaikan saat dirinya yang didampingi Dirhen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Dirut PT Jada Raharja Budi Rahardjo, dan Dirut PT Jasa Marga Desi Arryani meninjau pembangunan jembatan itu.

Menurut Menhub, jembatan ini masih berstatus fungsional dan hanya diberlakukan satu arah yang akan digunakan mudik dan balik.

Nanti usai digunakan mudik dan balik, kata Budi Karya, Jembatan Kali Kuto akan ditutup kembali dan untuk penyelesaian pembangunannya.

Untuk memberikan keamanan bagi pengemudi, marka jalan sementara akan disiapkan,  juga ditempatkan petugas keamanan.

"Pengemudi tentu harus hati-hati melewati jembatan ini karena masih berstatus fungsional. Nanti akan ada petugas yang mengarahkan," kata Menhub.

Jembatan Kali Kuto bisa digunakan satu jalur dan dua lajur untuk pemudik yang menggunakan mobil pribadi karena jembatan itu baru berstatus fungsional belum operasional.

Menhub dalam kesempatan itu juga mengimbau agar pemudik jangan terlalu konsentrasi melalui jalan tol, tapi bisa gunakan jalan nasional nontol.

"Saya kemarin lewat jalan darat dari Cikopo Ke Cirebon dan kondisi jalan bagus dan lancar," kata Menhub.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018