Brebes, Jawa Tengah (ANTARA News) - Jalur Prupuk Brebes mulai macet dipadati pemudik yang menggunakan beragam moda transportasi baik kendaraan roda empat maupun roda dua pada H-2 Lebaran.

Pantauan Antara di sekitar Klonengan, Prupuk, Kabupaten Tegal, Rabu, tampak antrean kendaraan yang semakin padat di wilayah tersebut.

"Kemacetan di Klonengan Prupuk, mulai pukul 12.30 WIB imbas titik temu arus kendaraan dari arah Pejagan, Songgom Kabupaten Brebes, Balapulang, Margasari Kabupaten Tegal, dan imbas lintasan kereta api Karang Sawah Tonjong, Brebes," kata petugas jaga Aipda Iwan H di Pos Polisi Klonengan Polres Tegal, Prupuk Kabupaten Tegal.

Pihaknya sudah mengantisipasi penumpukan kendaraan dengan berbagai persiapan termasuk rekayasa arus lalu lintas dan buka tutup jalan.

"Sampai saat ini dilaporkan belum ada kecelakaan yang terjadi," katanya.

Aparat memperkirakan pada Rabu dini hari arus mudik akan mencapai puncaknya mengingat saat ini penumpukan kendaraan sudah mulai terjadi di Tol Cikarang menuju arah Pejagan dan Brebes.

Potensi daerah rawan macet di Brebes sendiri tercatat disebabkan karena adanya perlintasan Kereta Api Karang Sawah, aktivitas warga di sekitar Karang Sawah, tanjakan Ciregol yang merupakan daerah rawan longsor, tanjakan, dan tikungan rawan macet, penyempitan ruas jalan di sekitar perlintasan KA Karang Sawah, dan adanya proyek underpass di perlintasan tersebut.

Aparat kepolisian mengantisipasi potensi kerawanan macet tersebut dengan melakukan pengaturan arus lalu lintas dari perlintasan KA Karang Sawah ke Ciregol Bawah, menyiagakan alat berat di lokasi rawan longsor, menindak tegas kendaraan yang berhenti di jalan sempit dan menikung, serta melakukan pengaturan di sekitar perlintasan KA sebidang di Karang Sawah dengan memprioritaskan kendaraan pemudik.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018