counter

Kapolda Jabar imbau warga tak takbiran keliling

Kapolda Jabar imbau warga tak takbiran keliling

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Kita hindari malam takbiran yang berlebihan, konvoi, kebut-kebutan yang justru akan membahayakan diri sendiri atau orang lain."
Bandung (ANTARA News) - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat meminta masyarakat agar tidak menggelar konvoi pada malam takbiran Idul Fitri 1439 Hijriah/Lebaran 2018, masyarakat diminta menggelar Takbiran di langgar atau masjid terdekat.

"Mari kita secara persuasif berikan himbauan-himbauan, sehingga kita hilangkan euforia dalam rangka takbiran. Justru kita lebih tekankan lagi malam takbir lebih baik di langgar atau mushola dan masjid dalam menyebut nama Allah SWT," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto, di Bandung, Kamis.

Kapolda menuturkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama libur lebaran kepada masyarakat pihaknya bersama TNI melakukan patroli gabungan.

"Kita hindari malam takbiran yang berlebihan, konvoi, kebut-kebutan yang justru akan membahayakan diri sendiri atau orang lain," katanya.

Senada dengan Kapolda Jawa Barat, Plh Gubernur Jawa Barat Iwa Karniwa juga memina masyarakat agar menggelar takbiran secara tertib dan teratur.

Selain itu, Iwa juga meminta agar malam takbiran ini masyarakat tidak konvoi yang justru akan mengganggu kekhusyuan takbiran.

"Kepada masyarakat kita himbau untuk melaksanakan Takbiran secara baik dan tertib. Sesuai dengan tuntunan Al Quran dan Hadist. Dan juga diupayakan itu (Takbiran) dilakukan di langgar atau di mushola atau masjid," ujar Iwa.

"Tidak perlu konvoi ramai-ramai yang justru memacetkan dan bahkan mungkin mengganggu kekhusyuan Takbiran," lanjutnya.

Iwa juga mengapresiasi soliditas dan sinergitas aparat pemerintah dan keamanan. Hal itu, lanjut Iwa, sesuai dengan program Nawa Cita Presiden Joko Widodo, di mana Negara harus hadir di tengah-tengah masyarakat.

"Karena semakin terkonsolidasi, soliditas diantara kita. Yang tujuan akhirnya bagaimana kita supaya masyarakat mendapat pelayanan terbaik," ujar Iwa.

Iwa menambahkan, bahwa pada musim mudik tahun ini ada penurunan angka kecelakaan dan kemacetan.

"Berdasarkan hasil evaluasi terakhir ini terjadi angka penurunan angka kecelakaan dan juga terjadi penurunan kemacetan," tutur Iwa.

"Dengan demikian indikator-indikator angka yang ada menunjukkan bahwa singergitas TNI/Polri mau pun pemda dan seluruh komponen masyarakat terkait itu semakin solid," ujarnya.

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar