counter

Piala Dunia 2018

Rusia hancurkan Arab Saudi 5-0 di laga pembuka

Rusia hancurkan Arab Saudi 5-0 di laga pembuka

Pemain Rusia Yury Gazinsky melakukan selebrasi setelah mencetak gol disaksikan pemain Arab Saudi Osama Hawsawi dan Abdullah Al-Mayouf pada pertandingan perdana Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis (14/6/2018). (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Moskow (ANTARA News) - Tim tuan rumah Rusia memulai kampanye Piala Dunia dengan meyakinkan pada Kamis, seusai menghancurkan Arab Saudi 5-0 pada pertandingan pembukaan turnamen akbar sekaligus mengakhiri laju sembilan bulan tanpa kemenangan dan memberi dorongan semangat yang sangat dibutuhkan tim tuan tumah dan para penggemar.

Pemain pengganti Denis Cheryshev mengemas dua gol -- yang pertama setelah menampilkan kemampuan yang layak disandingkan dengan Lionel Messi -- dan yang kedua melalui tembakan keras menjelang pertandingan usai.

Yury Gazinsky menanduk bola untuk menjadi gol perdana di Piala Dunia pada menit ke-12, Artem Dzyuba membukukan gol ketiga setelah masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-70, dan Aleksandr Golovin melengkapi hari yang layak dikenang dengan melepaskan tendangan bebas pada aksi terakhir di laga itu.

Hasil ini menyamai hasil terbaik yang pernah ada pada pertandingan pembukaan Piala Dunia -- Brazil menang 5-0 atas Meksiko di Jenewa pada 1954 -- ketika Rusia mengambil keuntungan dari tim Arab Saudi yang bertahan dengan sangat buruk untuk standar Piala Dunia -- meski serangan mereka tidak terlalu tajam.

Para penggemar Rusia tidak akan peduli tentang hal itu setelah menjalani laju tujuh pertandingan tanpa kemenangan, namun mereka akan mewaspadai bahwa tim Asia itu akan berpeluang menyulitkan Mesir atau favorit grup Uruguay, yang akan bertanding besok, dan masih ada beberapa hal yang harus dibenahi untuk membawa tuan rumah mampu mengamankan melaju ke fase gugur.

Baca juga: Rusia ungguli Arab Saudi 2-0 di babak pertama

Baca juga: Trofi, Putin dan Robbie Williams meriahkan seremoni pembukaan Piala Dunia

Rusia terlihat bersemangat sejak awal ketika mereka memanfaatkan ruang di kedua sayap, dan bukan kejutan ketika mereka membuka gol pada menit le-12 ketika Gazinsky tidak terkawal untuk menanduk bola umpan silang Golovin dari sisi kiri.

Tim tuan rumah, yang haus pertandingan penuh aksi dalam dua tahun terakhir, sangat menyukai ketika mereka menyerbu pertahanan lawan di saat Arab hanya mempertontonkan upaya pertahanan yang "putus asa" untuk mencegah Fyodor Smolov menambahi gol kedua.
 
Pemain Rusia Yury Gazinsky bersama rekan satu tim melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Arab Saudi pada pertandingan perdana Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis (14/6/2018). (REUTERS/Maxim Shemetov)


Alan Dzagoev harus meninggalkan lapangan karena cedera otot paha belakang pada menit ke-23. Hal itu malahan menjadi situasi yang menguntungkan ketika pemain pengganti, Cheryshev, menggandakan keunggulan melalui kemampuan apiknya.

Mendapat operan dari Roman Zobnin di siri kiri kotak penalti, ia memperlihatkan ketenangannya untuk menggeser bola menjauhi dua pemain bertahan yang berupaya melakukan tekel, sebelum memasukkan bola ke dalam gawang.

Rusia mengubah skor menjadi 3-0 pada menit ke-71, ketika Golovin mengirim umpan silang untuk disambar penyerang Dzyuba dengan tandukan kepala dari jarak dekat.

Para penggemar kemudian menyaksikan fase akhir pertandingan yang berlangsung menarik, ketika Cheryshev dengan cerdik membukukan gol keempat melalui sepakan dari bagian kaki luarnya, sebelum Golovin menutup pertandingan dengan tendangan bebas yang melewati pagar pemain, untuk membuat Moskow berpesta.

Mesir dan Uruguay akan memainkan pertandingan kedua Grup A di Yekaterinburg pada Jumat.

Baca juga: Kroasia dan Nigeria bertarung di grup neraka

(H-RF)

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar