Sochi, Rusia (ANTARA News) - Gol Diego Costa untuk menyamakan kedudukan Spanyol saat melawan Portugal, Jumat waktu setempat, merupakan gol pertama dalam sejarah Piala Dunia yang diberikan wasit setelah melihat rekaman pertandingan dengan menggunakan teknologi video pembantu wasit (VAR).

Gol penyerang Spanyol itu disahkan wasit meski sempat berbenturan dengan bek Portugal, Pepe.

Costa berlari ke arah bek tengah Portugal itu sebelum mencetak gol untuk menyamakan kedudukan di menit ke-24 setelah sebelumnya Cristiano Ronaldo membukukan gol Portugal lewat penalti di menit ke-4.

Wasit Italia, Gianluca Rocchi, memberi gol setelah berkonsultasi dengan tim VAR.

Sistem VAR, yang diujicobakan di Liga Jerman (Bundesliga) dan Liga Italia (Serie A) pada musim lalu, memungkinkan video pembantu wasit untuk meninjau keputusan di mana setiap kesalahan akan "terlihat dengan jelas".

Selanjutnya masih pada babak pertama, pemain tengah Spanyol, Isco, meminta Rocchi untuk kembali berkonsultasi dengan video pembantu itu ketika tembakan Iniesta membentur bagian bawah gawang.

Wasit Italia itu mengatakan, dia akan menerima sinyal di jam tangan yang dikenakan serta tersambung dengan teknologi garis gawang apabila bola telah melewati garis.

Pewarta: ANTARA
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018