Bojonegoro (ANTARA News) - Puluhan pedagang belimbing di objek wisata kebun belimbing Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur, menyiapkan stok belimbing berlipat untuk menyambut pengunjung selama liburan Hari Raya Idul Fitri.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Objek Wisata Kebun Belimbing Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro Priyo Sulistyo, di lokasi kebun belimbing, Sabtu, menjelaskan para pedagang sudah mempersiapkan stok belimbing dengan jumlah cukup banyak menyambut kedatangan pengunjung.

"Meskipun tidak panen raya, tapi stok belimbing di pedagang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pengunjung selama libur lebaran," ucapnya menegaskan.

Data di pokdarwis setempat menyebutkan luas kebun belimbing di Desa Ngringinrejo, mencapai 20,4 hektare dengan jumlah lebih dari 9.000 pohon, sedangkan di Desa Mojo, luasnya sekitar 20 hektare dengan jumlah juga hampir sama sekitar 9.000 pohon.

Di kawasan kebun belimbing, tercatat sekitar 70 pedagang, yang menjual belimbing, juga produk olahan belimbing,tetapi pengunjung juga bisa langsung memetik langsung di kebun.

Priyo juga pedagang belimbing memastikan pengunjung akan membeludak hari ini, juga beberapa hari ke depan karena masih libur Hari Raya Idul Fitri.

"Kalau libur lebaran atau libur tahun baru pengunjungnya bisa ribuan wisatawan domestik (wisdom) yang datang dari berbagai kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah, selain lokal," ucap dia menegaskan.

Seorang pedagang belimbing di lokasi objek wisata kebun belimbing Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro Ny. Ruti (59), mengaku mempersiapkan 10 kotak belimbing (50 kilogram per kotak) untuk menyambut pengunjung selama libur lebaran.

"Hari libur akhir pekan biasa saya bisa menjual 1 kotak belimbing, tapi kalau libur lebaran atau tahun baru bisa menghabiskan 10 kota per hari," ucap dia.

Hal senada disampaikan pedagang belimbing lainnya Ny. Hanik dan Sutrisno, yang menyatakan memiliki stok belimbing empat kali lipat dibandingkan hari libur biasa.

"Harga belimbing stabil tidak ada perubahan untuk yang kecil Rp5.000/kilogram, sedangkan yang kualitas bagus besar-besar bisa mencapai Rp12.000 per kilogram," ucap Sutrisno menjelaskan.

Data di pokdarwis kebun belimbing menyebutkan jumlah pengunjung pada Januari 26.345 wisdom, Februari 10.265 wisdom, Maret 12.995 pengunjung, April 17.660 wisdom dan Mei 9.965 wisdom.

"Selama bulan puasa pengunjung sepi," ucap Priyo.

Baca juga: Pengunjung kebun belimbing Bojonegoro capai 14.592 wisatawan

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018