Jakarta (ANTARA News) - Kuliner khas Indonesia seperti lontong Cap Go Meh, Opor Ayam, Telur Pindang, Sambal Goreng Ati, Siomai, Sayur sambal goreng pepaya, rebung, Kaldu Madura, empek-empek dan Palembang, disajikan Chef Rusliyawan menjadi hidangan dalam perayaan Idul Fitri di Denmark.

Selain itu juga aneka jajanan pasar seperti kue mangkok, dodol, winko babat, tape ketan hitam, risoles, serta es campur.

Pensosbud KBRI Kopenhagen, Ismail Pulungan dalam keterangan kepada Antara di Jakarta, Sabtu, menyebutkan cuaca di Kopenhagen yang cukup baik, meskipun bukan hari libur nasional di Denmark namun seluruh masyarakat terihat antusias dan mereka tidak terhalang untuk melaksanakan Solat Ied dan menghadiri Open House di Wisma Duta.

Pada hari Jumat, masyarakat muslim Indonesia di Denmark berbondong bondong mendatangi tempat shalat Idul fitri di Denmark setelah berpuasa selama sebulan dan merupakan salah satu negara dengan waktu puasa terpanjang di Dunia.

KBRI Kopenhagen menyelenggarakan shlat Idul Fitri bersama masyarakat dan diaspora muslim Indonesia yang tinggal di Kopenhagen dan sekitarnya diawali dengan gema takbir dan tahmid bersama dipimpin langsung Dubes RI untuk Kerajaan Denmark, M. Ibnu Said.

Shalat Ied yang diselenggarakan di Wisma Duta dengan Imam adalah Ust. Kun Mahardi dan bertindak selaku khatib adalah Ust. Rahmat Suryana.

Ustad menjelaskan hikmah puasa dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT setelah bulan Ramadhan.

Khatib juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan amal ibadahnya selepas bulan Ramadhan dan diakhir khutbahnya khatib menghimbau agar masyarakat muslim yang tinggal di Denmark senantiasa meningkatkan kejujuran, keimanan, ketaqwaan dan silaturahi setelah Ramadhan dan dalam perayaan hari kemenangan ini.

Setelah shalat Idul Fitri Dubes Ibnu Said beserta Istri menyelenggarakan Halal Bihalal dan Open House untuk mempererat tali silaturahmi dan saling memaafkan.

Dalam acara ini KBRI Kopenhagen menyajikan aneka ragam kuliner Nusantara yang dinanti-nantikan oleh masyarakat Indonesia dan untuk mengobati kerinduan berlebaran di tanah air terasa nikmat Salat Ied dan silaturahim yang dilaksanakan beribu-ribu miles dari Indonesia, sebagai obat rindu akan kampung halaman.

Acara Idul Fitri ini selain diikuti masyarakat dan diaspora Indonesia di Denmark juga sejumlah pelajar dan mahasiswa dari kota Malmo Swedia yang merupakan kota perbatasan dan terdekat dari Ibukota Kopenhagen, serta keluarga besar KBRI Kopenhagen.

Baca juga: KBRI Kopenhagen gelar promosi Indonesia di Lithuania   
Baca juga: Warga Indonesia gelar salat Idul Adha di Wisma Duta KBRI Kopenhagen

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2018