Piala Dunia 2018

Prediksi Argentina vs Islandia

Prediksi Argentina vs Islandia

Lionel Messi (REUTERS / Henry Romero)

Moskow (ANTARA News) - Megabintang Lionel Messi berutang kepada Argentina, setelah ia mendulang sukses bersama dengan Barcelona. Pemain berjuluk La Pulga itu bertekad membawa negaranya merengkuh gelar juara dalam perhelatan akbar Piala Dunia 2018.

Messi yang pada 24 Juni nanti berusia 31 tahun tentunya tidak ingin tergilas masa begitu saja tanpa memberi kemuliaan bagi negaranya di ajang sepak bola global. Timnas Argentina siap melawan Islandia dalam laga perdana Grup D Piala Dunia 2018 di Stadion Spartak, Moskow, pada Sabtu (16/6) waktu setempat, atau pukul 20.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh Trans TV.

Peraih lima kali Ballon d'Or itu bukan tidak mungkin mengumumkan pensiun setelah berkiprah di turnamen akbar ini. Katanya pada pekan lalu, "Semuanya terpulang kepada hasil yang kami peroleh nanti."

Setelah menyumbang tujuh gol dari 19 gol yang dikoleksi timnas Argentina di babak kualifikasi Piala Dunia - termasuk hat-trick di Rusia - ujung tombak Barcelona itu jelas membuka gerbang harapan bagi timnas berjuluk La Albiceleste.

Messi dan kawan membentangkan asa lantaran mengacu kepada catatan sejarah, bahwa Argentina telah mengemas dua kali keluar sebagai juara dunia, dan sekali menjadi runner-up pada 2014.

Lawan yang dihadapi Argentina kali ini, yakni Islandia. Negeri dengan jumlah penduduk mencapai 335.000 jiwa ini justru mampu menorehkan sukses untuk kali pertama lolos ke Piala Dunia di Moskow.

Islandia bertekad bekerja ekstra keras, karena lawan yang dihadapi justru Argentina yang nota bene dihuni tiga pemain dengan naluri menyerang, sebut saja Lionel Messi, Angel Di Maria dan Sergio Aguero.

Perjalanan La Albiceleste bukan perkara mudah. Pasukan asuhan pelatih Jorge Sampaoli ini jatuh bangun agar mendapat tiket ke Rusia. Dan Messi tampil sebagai penyelamat, karena ia menyumbang hat-trick ketika melawan Ekuador di babak kualifikasi Piala Dunia.

Islandia, tidak bisa dipandang remeh. Setelah melenggang ke kuarter-final Euro 2016, negeri itu melengkapi dongeng sukses dengan tampil di Piala Dunia. Ini kali pertama Islandia berlaga di perhelatan sepak bola global.

Islandia yang dibesut oleh manajer Heimir Hallgrimsson mampu menyingkirkan Kroasia, Ukraina, dan Turki untuk membentang asa ke Rusia.

Ketika mengomentari seputar Messi, ternyata Hallgrimsson mempunyai pendapat menarik. Katanya, "Merespons dan menghadapi Messi, saya tidak memiliki formula yang istimewa. Setiap orang tertantang melakukan sesuatu manakala menghadapi dia (Messi), lantaran ia mampu mencetak gol."

"Ia (Messi) tampil sebagai salah satu pemain terbaik dunia. Kami akan bermain menghadapi mereka dengan mengerahkan segala kekuatan dan kemampuan. Kami siap melakukannya bermodal kebersamaan. Kami akan tampil dengan menjalin kerjasama tim yang apik," katanya.

 Anatomi Argentina vs Islandia:

Head-to-head:

* Ini laga pertama bagi kedua tim, duel antara Argentina dan Islandia.
* Argentina hanya menderita sekali kalah dari tujuh laga di babak penyisihan Piala Dunia melawan tim asal Eropa (empat kali menang, dua kali imbang). Kekalahan itu dialami saat melawan Inggris pada 2002.
* Argentina mengemas satu clean sheet dari empat laga melawan tim-tim asal Eropa di Piala Dunia, meskipun mereka gagal karena dikalahkan Jerman di final Piala Dunia 2014.
 
Argentina:
* Ini kali ke-17 bagi Argentina masuk ke babak penyisihan Piala Dunia, dan 12 kali di antaranya ditorehkan secara berturut-turut. Sejak 1978, hanya Jerman yang mampu mencapai final sebanyak lima kali di ajang Piala Dunia, sementara Argentina membukukan empat kali meraih tiket final.
* Argentina mampu lolos sebanyak 11 kali dari 12 penampilan mereka di babak penyisihan grup Piala Dunia, kecuali pada 2002.
* Argentina mampu membukukan 12 kali menang dari 15 kali laga di babak penyisihan grup, mereka hanya sekali kalah ketika melawan Inggris pada 2002.
* Argentina mengoleksi 19 gol, sementara Bolivia (18 gol) di ajang babak penyisihan Conmebol.
* Pemain Uruguay Edinson Cavani mencetak 10 gol, sementara Lionel Messi (tujuh gol) di babak penyisihan Conmebol.       
* Jorge Sampaoli menggantikan Edgardo Bauza sebagai manajer Argentina dengan empat laga tersisa di babak kualifikasi.
* Ini kali kedua bagi Sampaoli terjun di Piala Dunia sebagai manajer. Ia membawa Chile ke babak 16 besar Piala Dunia 2014.

Baca juga: Argentina jadi skuat dengan rata-rata usia tertua di Piala Dunia

Baca juga: Fakta-fakta Timnas Argentina


Islandia:
* Ini kali pertama Islandia lolos ke babak penyisihan Piala Dunia. Kali kedua turnamen besar yang mereka ikuti, sebelumnya mampu berkiprah di Euro 2016, bahkan mampu melenggang sampai babak kuarter-final.
* Dengan jumlah penduduk mencapai 334.000 jiwa, Islandia merupakan negeri dengan jumlah populasi terkecil di antara negara-negara peserta yang berkiprah di Piala Dunia di Rusia.
* Gylfi Sigurdsson tampil sebagai pencetak gol terbanyak (empat gol) dan punya sumbangsih besar bagi sukses Islandia lolos ke Piala Dunia Rusia 2018.
* Heimir Hallgrímsson, sebelumnya menjadi asisten manajer Lars Lagerback. Ia kemudian memegang kendali sesepenuhnya setelah Euro 2016.

Prakiraan susunan pemain:

* Argentina (4-2-3-1):

Wilfredo Caballero (penjaga gawang); Eduardo Salvio, Nicolas Otamendi, Marcos Rojo, Nicolas Tagliafico; Javier Mascherano, Lucas Biglia; Maximiliano Meza, Lionel Messi, Angel Di Maria; Sergio Aguero

* Islandia (4-4-1-1):
Hannes Halldorsson (penjaga gawang); Hordur Magnusson, Ragnar Sigurdsson, Kari Arnason, Birkir Saevarsson; Emil Hallfredsson, Aron Gunnarsson; Birkir Bjarnason, Gylfi Sigurdsson, Johann Gudmundsson; Jon Bodvarsson

Data dan fakta:

Argentina:

* Willy Caballero bakal mengawal gawang Argentina karena Sergio Romero masih dibekap cedera.
* Manuel Lanzini belum sepenuhnya dapat turun bertanding setelah mengalami cedera lutut dalam sesi latihan.
* Maximiliano Meza dan Cristian Pavon saling bersaing mengisi tempat untuk menggantikan Lanzini dalam starting XI.

Baca juga: Sampaoli mainkan Aguero-Higuain hadapi Eslandia

Baca juga: Sampaoli andalkan pemain-pemain lama saat lawan Islandia


Islandia:
* Komposisi pemain Islandia tidak banyak berubah dari susunan yang ditampilkan di ajang Euro 2016.
* Heimir Hallgrimsson bakal mengandalkan kesiapan dari bintang tim Gylfi Sigurdsson, hanya saja kesiapan pemain ini masih diliputi tanda tanya.

Prediksi Man of the Match (Whoscored):

1.Lionel Messi (63,16 persen)
2.Birkir Már Saevarsson (21,05 persen)
3.Hannes Thór Halldórsson (5,26 persen)
4.Sergio Agüero (5,26 persen)
5.Ángel Di María (5,26 persen)

Prediksi jalannya laga:
* Islandia termotivasi tampil seoptimal mungkin karena menghadapi Argentina yang dihuni Lionel Messi.
* Islandia dikenal sebagai tim yang punya karakter membuat kejutan di berbagai turnamen, salah satunya saat tampil di Euro 2016.
* Argentina sempat diterpa isu bakal tampil bermain defensif, meski mereka punya sederet pemain dengan karakter menyerang untuk menggedor pertahanan Islandia.
* Lionel Messi tertantang memberi penampilan terbaik bagi Argentina. Ini boleh jadi beban tersendiri bagi La Pulga, apalagi lawan yang dihadapi Islandia yang tidak mudah menyerah.

Prediksi hasil laga:
* Argentina: 2
* Islandia: 0

Oleh AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar