Kaliningrad (ANTARA News) - Nigeria dan Kroasia sama-sama sedang menghadapi momen menentukan karena menghadapi kredo "awal yang baik berarti setengah pekerjaan selesai". Artinya, kemenangan mutlak diraih bagi kelangsungan tim agar dapat melenggang ke babak selanjutnya Piala Dunia 2018.

Nigeria siap meladeni Kroasia dalam laga pertama Grup D Piala Dunia 2018, yang digelar di Kaliningrad Stadium, Kaliningrad, pada Sabtu waktu setempat, atau Minggu dini hari, pukul 02.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh Trans TV.

Nigeria, Kroasia, Islandia, dan Argentina berada di Grup D yang dijuluki "grup neraka". Dengan begitu, hasil pertandingan demikian krusial bagi lanjut tidaknya Nigeria dan Kroasia ke babak berikutnya.

Nigeria memang bertengger di peringkat terendah dalam peta sepak bola dunia dibandingkan dengan negara-negara lainnya di Grup D. Islandia terus mencetak debut mengesankan selama mengarungi bahtera Piala Dunia.i

Hanya saja, Nigeria terus berjuang mengukuhkan diri sebagai wakil dari Benua Hitam yang menyimpan talenta pemain berbakat bagi perputaran roda liga-liga kaliber dunia.

Nigeria yang berjuluk The Super Eagles mencapai babak 16 besar pada 1994, 1998, dan 2014. Capaian itu tentu tidak bisa dipandang sebelah mata oleh tim manapun, termasuk tim asal Benua Biru.

Kroasia punya sederet playmaker. Sebut saja, Luca Modric yang kini membela Real Madrid, gelandang Barcelona Ivan Rakitic dan Ivan Perisic yang menjadi tulang punggung Inter Milan.

Sementara itu, Nigeria mengandalkan mantan pemain Chelsea John Mikel Obi yang berposisi sebagai gelandang, ditambah dengan dua pemain yang berlaga di Liga Inggris, yakni Victor Moses dan Alex Iwobi.

Tidak bisa diabaikan begitu saja, striker Juventus Mario Mandzukic yang mengoleksi 30 gol dan mengukuhkan diri sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Italia.

Striker Kroasia, Nikola Kalinic berujar, "Yang terpenting sekarang, kami harus meraih tiga poin penuh. Kami punya pemain-pemain yang berciri ofensif, untuk itu kami tidak perlu khawatir melawan mereka. Yang terpenting kami tampil sebaik mungkin dan mampu menciptakan peluang mencetak gol sebanyak mungkin."

Pelatih Nigeria. Gernot Rohr berkata, "Saya suka berada di grup ini karena kami tahu bagaimana cara menghadapi mereka. Nigeria siap melawan Kroasia."

Anatomi Nigeria vs Kroasia:  

Head-to-head:

* Ini menjadi pertarungan pertama bagi Kroasia dan Nigeria.
* Kroasia pernah menghadapi tim asal Afrika di ajang Piala Dunia, manakala mereka mengalahan Kamerun 4-0 pada Juni 2014.
* Nigeria hanya mampu sekali meraih kemenangan dari enam laga melawan tim asal Eropa (sekali imbang, lima kali kalah), mengalahkan Bosnia-Herzegivina pada 2014.

Kroasia:
* Kroasia hanya sekali menang dari tujuh pertandingan di Piala Dunia (dua kali imbang, empat kali kalah), menang melawan Kamerun 4-0 pada 2014.
* Mereka hanya menorehkan dua kali clean sheets dari 11 laga terakhir.
* Dari empat laga di Piala Dunia yang melibatkan Kroasia, dihasilkan lima kartu merah (dua bagi Kroasia, dua lainnya untuk lawan).
* Ivan Perisic berperan besar bagi terciptanya gol bagi Kroasia di Piala Dunia kali lalu (dua gol dan satu assist)
* Ini turnamen pertama yang diikuti Zlatko Dalic sebagai manajer. Ia diangkat sebagai manajer timnas Kroasia pada Oktober 2017.

Nigeria:
* Nigeria mampu lolos untuk kali keenam di ajang Piala Dunia, mereka hanya gagal dalam satu turnamen (2006) sejak pertama kali ikut serta pada 1994.     
* Tidak ada tim asal Afrika yang mampu menyamai prestasi Nigeria dalam keikutsertaan di Piala Dunia.
* Nigeria hanya membesut sekali menang dari 12 laga di Piala Dunia (tiga kali imbang, delapan kali kalah), menang melawan Bosnia-Herzegovina 1-0 pada 2014.
* Ditunjuk sebagai manajer Nigeria sejak Agustus 2016. Gernot Rohr telah empat kali menangani tim asal Afrika, misalnya Gabon, Niger, dan Burkina Faso.
* Pada pembukaan turnamen, rta-rata usia skuad Nigeria berusia 25 tahun dan 336 hari. Skuad muda di antara para peserta lainnya.

Prakiraan susunan pemain:

* Kroasia (4-2-3-1):

Danijel Subasic (penjaga gawang); Sime Vrsaljko, Domagoj Vida, Dejan Lovren, Ivan Strinic; Luka Modric, Ivan Rakitic; Ivan Perisic, Andrej Kramaric, Ante Rebic; Mario Mandzukic

* Nigeria (4-2-3-1)
Francis Uzoho (penjaga gawang); Brian Idowu, Shehu Abdullahi, Kenneth Omeruo, William Troost-Ekong; Wilfred Ndidi, Oghenekaro Etebo, Victor Moses, Alex Iwobi, John Obi Mikel; Odion Ighalo
 
Data dan fakta:

Kroasia:

* Kroasia punya segudang gelandang. Ini artinya Mateo Kovacic dan Milan Badelj bakal dibangkucadangkan.

Nigeria:
* Nigeria membawa penjaga gawang Francis Uzoho yang masih berusia 19 tahun untuk bertanding di Piala Dunia.
* Wilfried Ndidi telah pulih dari cedera dan siap turun bertanding.
* Kelechi Iheanacho dan Ahmed Musa harus berada di bangku cadangan.
* Leon Balogun absen dalama sesi latihan.

Prediksi Man of the Match (Whoscored):

1.Luka Modric (18,75 persen)
2.Ivan Perisic (18,75 persen)
3.Ivan Rakitic (12,5 persen)
4.Mario Mandzukic (12,5 persen)
5.Andrej Kramaric (12,5 persen)

Prediksi jalannya laga:
* Kroasia dijagokan dapat lolos dan berada di peringkat atas klasemen Grup D.
* Nigeria memang masih harus berjuang keras manakala menghadapi tim-tim aal Eropa.
* Kroasia mampu menanggulangi gaya permainan cepat dari the Super Eagles.

Prediksi hasil laga:
* Kroasia: 1
* Nigeria: 0

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018