Lebaran 2018

WNI di Austria Shalat Ied di hari kerja

WNI di Austria Shalat Ied di hari kerja

Ilustrasi - Kantong ketupat, sajian khas Idul Fitri di Indonesia. (FOTO ANTARA/Ardiansyah Indra Kumala)

Jakarta (ANTARA News) - Komunitas muslim Indonesia di Austria merayakan hari raya Idul Fitri bersama dalam rangkaian kegiatan yang berlangsung dengan semarak dimulai dengan kegiatan shalat Idul Fitri yang digelar di Wisma Duta Besar RI di Wina.

Shalat Idul Fitri dipimpin Ustadz Sugeng Harjanto, salah seorang WNI yang bekerja di OPEC Fund for International Development, dan diikuti sekitar 300 jamaah yang terdiri dari pejabat dan staf KBRI/PTRI Wina, anggota Wapena, komunitas Persatuan Pelajar Indonesia (PPI), serta masyarakat Indonesia lainnya, demikian Pensosbud KBRI/PTRI Wina, Wina Retnosari kepada Antara, Minggu.

Dalam khotbahnya, secara garis besar Ustadz Sugeng Harjanto menghimbau jamaah menjaga kesinambungan ibadah, baik bersifat mahdoh maupun yang bersifat muamalah, dan berbagai kebiasaan baik lainnya yang dimulai di bulan Ramadhan pada bulan-bulan selanjutnya.

Ustadz Sugeng Haryanto juga mengajak jamaah memanfaatkan momentum Idul Fitri untuk meningkatkan peran dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, termasuk membantu kaum duafa, selain berperan sebaik-baiknya di tengah masyarakat, sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW yang selalu mengedepankan kesederhanaan, kesabaran, empati, dan perdamaian dalam upaya memajukan masyarakat di sekitar.

Perayaan Idul Fitri dan acara silaturahmi antara masyarakat Indonesia dengan Dubes beserta keluarga, dilanjutkan dengan santap siang bersama menghadirkan menu-menu tradisional lebaran khas Indonesia seperti Ketupat, Rendang, Opor Ayam, Pempek dan Bakso.

Acara silaturahmi juga dihadiri perwakilan berbagai organisasi masyarakat di Austria, di antaranya Keluarga Kristen Austria (KKIA) dan Lembaga Persahabatan Indonesia Austria.

Shalat Idul Fitri berlangsung pada hari kerja, namun tidak sedikit jumlah WNI yang meluangkan waktunya untuk datang ke KBRI/PTRI Wina untuk menjalankan shalat jamaah sekaligus memanfaatkan momentum Idul Fitri ini untuk bersilaturahmi dengan masyarat WNI di Austria lainnya.

Perayaan hari raya Idul Fitri merupakan bagian dari pelaksanaan misi KBRI Wina di bidang pembinaan masyarakat di negara akreditasi sekaligus refleksi upaya memperkuat kehadiran Negara di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Hal ini sejalan dengan semangat agenda kesembilan Program Prioritas Pembangunan Nasional Nawacita Presiden RI, Joko Widodo, yakni memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui ruang dialog antar masyarakat.

Diharapkan kegiatan kemasyarakatan seperti ini akan semakin memupuk semangat persatuan dan kesatuan, sekaligus mempertebal rasa nasionalisme masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Indonesia yang berada di Austria.

Baca juga: Adu pantun Dubes dan khotib shalat id KBRI Beijing
Baca juga: Lebaran WNI di Budapest, ada suguhan Ras Muhammad
Baca juga: WNI berlebaran di Kopenhagen, begini suasananya

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2018

BPN targetkan pembebasan lahan Tol Padang-Sicincin sebelum Lebaran

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar