Piala Dunia 2018

Prediksi Belgia vs Panama

Prediksi Belgia vs Panama

Penyerang Belgia Eden Hazard menjadi "man of the match" pada laga Grup H Piala Dunia 2014 melawan Rusia di Maracana Stadium, Rio de Janeiro (22/6). (AFP PHOTO/KIRILL KUDRYAVTSEV)

Sochi (ANTARA News) - Kepercayaan diri dan keberanian membuang jauh-jauh rasa minder dijadikan modal meraih kemenangan dalam pertarungan pembukaan di Grup G Piala Dunia 2018. Baik Belgia maupun Panama sama-sama memegang kredo bahwa kemenangan dikerjakan secara konkret bukan diomongkan berbusa-busa. Bahasa lugasnya, jangan gaya doang kurang bukti.

Memberi bukti konkret berwujud kemenangan dari laga di lapangan hijau dapat saja disebut sebagai sikap pragmatis dalam sepak bola. Belgia dan Panama maju ke depan layaknya gladiator siap tempur siap beradu keberanian, kelincahan dan kejelian meracik taktik. Kedua timnas siap berduel dalam pertandingan yang diadakan di Fisht Stadium, Sochi, pada Senin, pukul 18.00 waktu setempat, atau pukul 22.00 WIB. Pertandingan itu ditayangkan secara langsung oleh Trans TV.

Belgia dan Panama sama-sama mengembangkan asa mengukir sejarah, bermodal keberanian, bukan kepengecutan apalagi rasa minder. Kedua timnas menghidupi kreativitas sebagai oase setiap laga. Hanya mereka yang berani menatap harapan yang akhirnya berani menanggulangi rasa minder.

Panama memberlakukan hari libur nasional demi menyakasikan dan memberi dukungan kepada perjuangan timnasnya di Piala Dunia. Mereka percaya penuh bahwa harapan berbuah kemenangan, rasa minder berbuah keterpurukan. Ini kali pertama negeri mereka tampil berlaga di ajang Piala Dunia.

Panama boleh dibilang tim debutan, tapi mereka tidak serta merta merasa minder. Belgia melangkah dengan penuh kepercayaan diri lantaran menangguk sejumlah kemenangan mengesankan dalam laga persahabatan menjelang Piala Dunia di Moskow.

Belgia di bawah arahan pelatih kepala Roberto Martinez membawa sederet pemain yang kaya talenta dan kaya pengalaman bertanding di arena internasional. Sebaliknya, Panama bertekad tidak menyerah begitu saja dari tim Belgia yang berjuluk Les Diables Rouges (Red Devils).

Pelatih Panama Hernan Dario Gomez tidak kuasa menutup kekhwatirannya atas kemampuan Belgia yang menerapkan gaya permainan serba cepat bertenaga. Ia menyadari bahwa lini pertahanan tim asuhannya bakal mendapat tekanan terus menerus.

Panama tentu saja tidak langsung minder. Mereka mempunyai sejumlah pemain berkarakter menyerang, hanya saja tim berjuluk Los Canaleros itu tertantang menahan laju serangan Belgia. Hanya dengan disiplin menerapkan taktik yang dirancang maka mereka dapat merespons permainan Belgia.

Di kubu Belgia, jelas bahwa Martinez siap menerapkan formasi 3-4-2-1 dengan memasang tiga bek dan mendaulat Yannick Carrasco dan Thomas Meunier agar beroperasi sebagai pemain sayap. Sementara, Eden Hazar dan Dries Mertens siap melayani dengan mendistribusi bola kepada Ronelu Lukaku untuk menggedor pertahanan Panama, sebagaimana dikutip dari laman FIFA.

Martinez mengatakan,"Piala Dunia tidak ada urusan dengan generasi-generasi. Yang terpenting, apa yang sudah kami capai dan apakah kami mampu terus berkembang dalam setiap pertandingan. Prancis, Jerman, Brasil, Argentina dan Spanyol merupakan negara-negara raksasa sepak bola. Mereka punya sejumlah pemain yang siap tempur di Piala Dunia."

Sementara, Hernan Dario Gomez dalam jumpa pers jelang pertandingan mengatakan, "Tim siap tempur. Yang terpenting, bila kami kembali ke tanah air sesudah Piala Dunia, maka kami bangga dengan hasil usaha dan kerja kami selama ini."

"(Menghadapi) Belgia, kami bukan tim favorit. tetapi segala sesuatunya dapat saja terjadi. Kami toh punya sejumlah pemain hebat, dengan begitu kami mampu melayani permainan dari tim yang punya teknik tinggi. Di sini manajer yang hebat sesungguhnya sosok yang hebat juga. Belgia dihuni oleh sejumlah pemain kelas dunia, meski mereka tidak diperkuat Messi. Mereka kandidat juara, kami berusaha mendapat hasil positif dari pertandingan ini."

Anatomi Belgia vs Panama:

Head-to-head:

* Ini pertandingan kali pertama antara kedua timnas.

Belgia:
* Belgia tidak terkalahkan dalam sembilan laga terakhir di ajang Piala Dunia (empat kali menang, lima kali imbang). Mereka mampu melaju sampai putaran kedua dalam enam penampilan di Piala Dunia.
* Belgia hanya menelan sekali kekalahan dari sembilan laga pembukaan di Piala Dunia (lima kali menang, tiga kali imbang), Sekali kekalahan itu dialami ketika mereka melawan Meksiko pada 1986.
* Belgia mampu mencetak lebih dari dua gol dalam laga pembukaan Piala Dunia sejak 1970. Mereka menundukkan El Salvador 3-0.
* Delapan gol yang Belgia cetak umumnya dihasilkan di atas menit ke-70.

Panama:
* Gabriel Torres dan Roman Torres merupakan topscorer di babak final kualifikasi, masing-masing mengoleksi dua gol.
* Panama lolos sampai ke Rusia dengan capaian negatif gol, hanya mengemas tiga kali kemenangan dari 10 pertandingan di kualifikasi Concacaf.
* Tanpa menyebut Ricardo Avila yang kini berusia 21 tahun, maka pemain Panama rata-rata berusia 28,9 tahun.
* Hernan Dario Gomez menjadi orang keempat yang membesut tiga tim berbeda di Piala Dunia. Dia pernah melatih Kolombia pada 1998 dan Ekuador pada 2002.
* Gomez mengikuti jejak Henri Michel (dengan melatih empat tim yang berbeda), Carlos Alberto Pareira dan Bora Milutinovic (keduanya membesut lima tim yang berbeda)

Data dan fakta:

Belgia:

* Vincent Kompany dan Thomas Vermaelen belum dapat dipastikan turun membela Belgia, Dedryck Boyata siap mengawal lini pertahanan.
* Axel Witsel siap berkongsi bersama Mousa Dembela di lini tengah. Kedua pemain ini siap mendukung pergerakan lincnah dari Kevin De Bruyne.
* Di lini serang, Roberto Martinez, siap memasang trisula maut, yakni Eden Hazard, Romelu Lukaku dan Dries Mertens. Michy Batshuayi diharapkan juga siap tempur.

Baca juga: Vincent Kompany masih teka-teki bisa perkuat Belgia

Panama:
* Roman Torres masih berkutat dengan cedera. Ia belum fit benar jika diturunkan dalam laga melawan Belgia.
* Pelatih Hernan Dario Gomez diharapkan meracik susunan pemain yang mampu merusak ritme permainan Belgia.

Prakiraan susunan pemain:

* Belgia (3-4-2-1:

Thibaut Courtois (penjaga gawang); Jan Vertonghen, Dedryck Boyata, Toby Alderweireld; Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Yannick Carrasco, Thomas Meunier; Dries Mertens, Eden Hazard; Romelu Lukaku

* Panama (4-1-4-1):
Jaime Penedo (penjaga gawang); Roman Torres, Fidel Escobar, Eric Davis, Michael Murillo; Gabriel Gomez, Anibal Godoy, Armando Cooper, Edgar Barcenas, Jose Luis Rodriguez; Blas Perez

Prediksi Man of the Match (Whoscored):
1.Eden Hazard (40 persen)
2.Kevin De Bruyne (30 persen)
3.Vincent Kompany (10 persen)
4.Romelu Lukaku    (10 persen)
5.Dries Mertens    (10 persen)

Prediksi jalannya laga:

* Kedua tim sama-sama berada dalam performa terbaik. Baik Belgia maupun Panama punya tekad kuat bermain dengan terbuka, karena termotivasi meraih kemenangan.
* Lini pertahanan Panama perlu ekstra fokus kepada kecepatan dari barisan penyerang Belgia.
* Panama sedari awal siap tampil ngotot untuk meladeni permainan Belgia yang eksplosif. Mereka siap memanfaatkan serangan balik yang cepat untuk mengobrak-abrik pertahanan Swedia.
* Panama memang tidak dalam persiapan ideal menghadapi Piala Dunia, karena hanya meraih satu kali menang dari lima laga terakhir. Situasi ini yang siap dimanfaatkan oleh Swedia.

Prediksi hasil laga:
* Belgia: 3
* Panama: 0

Baca juga: Hazard dukung Mesir karena bersahabat dengan Mohamed Salah
Baca juga: Hazard dalam kondisi terbaik untuk mengupayakan kemenangan Belgia

Oleh AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar