Jakarta (ANTARA News) - PT Jasa Marga (Persero) memastikan jumlah volume kendaraan yang melintasi gerbang tol Cikarang Utama arah Jakarta makin meningkat menjelang berakhirnya masa cuti bersama pada Rabu (20/6).
     
"Lalu lintas yang melewati GT Cikarang Utama mulai mengalami peningkatan," ujar Customer and Employee Relations Assistant Manager PT Jasa Marga Panji Satriya di Jakarta, Senin.
     
Panji menjelaskan peningkatan lalu lintas tersebut terlihat dari banyaknya kendaraan yang melintas gerbang tol Cikarang Utama mulai Minggu (17/6) hingga Senin (18/6) pukul 05.00 WIB yaitu lebih dari 90 ribu kendaraan.
     
"Jumlah ini meningkat 12,91 persen dibandingkan volume lalu lintas normal," katanya.
     
Meskipun mengalami peningkatan, kata dia, volume lalu lintas ini masih sedikit dibawah perkiraan Jasa Marga yang sebelumnya memprediksikan sebanyak 98 ribu kendaraan akan melintas pada arus balik H+2 Lebaran.
     
Panji menjelaskan persebaran volume lalu lintas terjadi karena libur perkantoran dalam rangka Hari Raya Idul Fitri yang masih berlangsung hingga Rabu (20/6). 
     
Selain itu, libur sekolah yang baru berakhir pada Minggu (24/6) juga akan membantu persebaran tanggal arus balik para pemudik. 
     
Hingga Senin (18/6) atau H+3, pukul 13.00 WIB, tercatat sebanyak 35 ribu kendaraan telah melintasi gerbang tol Cikarang Utama atau meningkat 61 persen dari volume lalu lintas normal sebanyak 22 ribu kendaraan.
     
Jasa Marga memperkirakan jumlah kendaraan yang melintas gerbang tol Cikarang Utama arah Jakarta pada H+3 Lebaran bisa mencapai 99 ribu kendaraan.
     
Jasa Marga mengimbau kepada pengguna yang hendak melakukan perjalanan balik untuk mengatur waktu keberangkatan guna menghindari kepadatan lalu lintas serta memastikan kecukupan saldo uang elektronik.
     
Selain itu, para pengguna diharapkan bisa memastikan kecukupan BBM sebelum memasuki perjalanan di jalan tol. 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018