Pada titik-titik utama arus balik, tim Pertamina bersiaga penuh memperkuat pasokan di SPBU regular ..."
Jakarta (ANTARA News) - PT Pertamina (Persero) siap mengamankan ketersediaan dan pasokan bahan bakar minyak (BBM) di titik utama untuk melayani arus balik Lebaran 2018 yang diprediksi terjadi mulai Minggu kemarin (17/6).

"Setelah melayani masyarakat pada arus mudik kemarin, kembali Pertamina siap mengamankan pasokan BBM pada arus balik yang diprediksi mulai H+2," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Adiatma mengatakan untuk melayani kebutuhan BBM pelanggan Pertamina di arus mudik dan arus balik masa liburan Idulfitri ini, Pertamina menyiagakan 3.692 SPBU di ruas jalur mudik di pulau Jawa hingga Madura termasuk di jalur tol dan arteri.

Pertamina juga menambahkan layanan ekstra untuk melayani masyarakat di masa arus balik yang terjadi sejak H+2 Lebaran 2018.

Selain memperkuat pasokan SPBU dengan menempatkan Mobile Storage/SPBU Kantong, Pertamina juga menyediakan fasilitas alternatif pengisian BBM di Kiosk Pertamax yang menjual BBM Kemasan, Mobile Dispenser, serta Motorist pada titik-titik utama arus balik.

Untuk melayani arus balik masyarakat dari Jawa Timur, Pertamina menyiagakan 10 Kiosk Pertamax di setiap Rest Area Tol, masing-masing 2 Kiosk di Ruas Tol Gempol-Pasuruan; 2 Kiosk di Ruas Tol Surabaya-Mojokerto, 1 Kiosk di Ruas Tol Ngawi-Madiun dan 1 Kiosk di Ruas Tol Ngawi-Sragen.

Sementara itu di Ruas Tol Saradan, selain menyediakan 1 Kiosk Pertamax, Pertamina juga menyediakan Serambi Pertamax dan fasilitas bengkel/ganti oli. Sebagai tambahan, Pertamina juga menyediakan 1 titik kiosk Pertamax di Ketapang sebagai titik layanan ekstra bagi pemudik yang menyebrang dari Bali ke Banyuwangi.

Di wilayah Jawa Tengah, Pertamina menyiagakan fasilitas alternatif pengisian BBM di Ruas Tol Fungsional dan Ruas Tol Operasional. Untuk mengoptimalkan layanan pada arus balik Lebaran 2018, Pertamina menempatkan 23 titik Kiosk di Jalur B atau arah menuju Jakarta, mulai dari KM 538 Sragen hingga KM 275 B Pejagan.

Di wilayah Jawa Barat, pelayanan tambahan Pertamina bagi masyarakat saat arus balik Lebaran 2018 terdapat di 17 titik untuk layanan Kiosk dan 16 titik layanan motorist. Penempatan fasilitas tambahan tersebut berada di jalur tol maupun non tol.

"Pada titik-titik utama arus balik, tim Pertamina bersiaga penuh memperkuat pasokan di SPBU regular dan menyediakan BBM Kemasan pada fasilitas KiosK serta pasukan Motorist untuk melayani kebutuhan BBM pada saat arus balik," Adiatma.

Diperkirakan puncak penyaluran BBM pada arus balik Lebaran 2018 terjadi pada hari keempat setelah (H+4) Idul Fitri 1439 Hijriyah atau Selasa (19/6) seiring akan berakhirnya cuti bersama pada Rabu (20/6).

Satgas RAFI (Ramadan-Idulfitri) 2018 disiagakan sejak H-30 untuk satgas LPG dan H-15 untuk satgas BBM. Periode Satgas RAFI akan bertugas mengamankan ketersediaan dan pasokan BBM dan LPG hingga H+15.

Adiatma mengimbau para pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan arus balik agar mengisi penuh bahan bakar sebelum berangkat. Untuk mengetahui titik-titik layanan Pertamina, pengguna jalan dapat mengakses melalui aplikasi Pertamina GO dan Waze.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018