Nizhny Novgorod (ANTARA News) - Swedia memenangi pertandingan pembukaan di Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1958 dan mengakhiri puasa gol mereka dengan kemenangan 1-0 atas Korea Selatan (Korsel), pada laga yang harus mereka menangi jika mereka ingin lolos dari Grup F.

Setelah mendominasi permainan namun menyia-nyiakan sejumlah peluang, Swedia mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-65 ketika Kim Min Woo menjatuhkan Viktor Claesson di kotak terlarang. Wasit asal El Salvador Joel Aguilar awalnya mengabaikan permohonan penalti Swedia, sebelum kemudian melakukan konsultasi dengan sistem Video Asisten Wasit (VAR).

Pada penalti hadiah VAR kedua di Piala Dunia, kapten Swedia berusia 33 tahun Andreas Granqvist mengarahkan bola ke sisi kiri bawah untuk mengecoh kiper Cho Hyun Woo.

Hal itu memicu kegembiraan di kubu penggemar Swedia yang mengenakan warna kebesaran kuning, yang merasa cemas timnya akan kembali gagal mencetak gol sebagaimana tiga pertandingan mereka sebelumnya. Swedia belum pernah memenangi pertandingan pembukaan di Piala Dunia sejak 1958, ketika mereka menjadi "runner up" yang merupakan pencapaian terbaiknya sejauh ini.

Negara Asia Timur memulai pertandingan dengan lebih baik, menekan dan mengepung untuk 15 menit pertama saat melawan Swedia.

Namun tim Skandinavia itu segera menemukan irama mereka, mengatasi serangan-serangan Korsel dengan baik meski tidak diperkuat bek Victor Lindelof karena sakit.

Swedia menciptakan beberapa peluang, sebagian besar dimiliki Marcus Berg, yang tembakan jarak dekatnya dapat secara spektakuler digagalkan Cho dengan lututnya pada menit ke-21.

Sebagaimana yang diharapkan, para pemain bintang kedua tim menjadi jantung gerakan-gerakan terbaik timnya, Son Heung Min menggebrak dan memimpin pergerakan Korsel dari sayap kiri, dan Emil Forsberg secara konstan memberi umpan kepada para penyerang Swedia.

Meski ini bukan pertandingan paling atraktif di Piala Dunia sejauh ini, terdapat suasana luar biasa di kalangan 42.000 penonton di Stadion Nizhny Novgorod, yang berada bersebelahan dengan katedral yang berada di pertemuan Sungai Volga dan Oka.

Swedia selanjutnya akan menghadapi Jerman, sedangkan Korsel melawan Meksiko yang memberi kejutan besar dengan menaklukkan juara dunia Jerman pada pertandingan pembukaan Grup F mereka. Hanya sedikit orang yang akan mengungguli Korsel, yang sekarang hanya menang satu kali dari sepuluh pertandingan terakhirnya di Piala Dunia. Demikian laporan Reuters.

(H-RF/B015)

Pewarta: antara
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018