Ya, tadinya hanya sampai tanggal 11 Juni, tetapi sudah diajukan untuk diperpanjang sampai dengan 30 Juni 2018
Bandarlampung (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional IV Tanjungkarang mengajukan perpanjangan waktu pemberian potongan harga tiket Kereta Api Kuala Stabas Premium sampai dengan 30 Juni 2018 untuk meningkatkan layanan bagi penumpang arus balik Lebaran 2018.

"Ya, tadinya hanya sampai tanggal 11 Juni, tetapi sudah diajukan untuk diperpanjang sampai dengan 30 Juni 2018. Semoga bisa menarik masyarakat untuk bisa menggunakan kereta ini," ujar Franoto Wibowo, Manajer Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menambahkan, Divre IV akan menunggu dari pemerintah pusat apakah dapat diperpanjang atau tidak. "Semoga bisa diperpanjang pemberian diskon ini oleh pemerintah pusat," katanya lagi.

Mengenai harga tiket, Franoto menyebutkan untuk KA Kuala Stabas Premium tetap Rp75.000 per penumpangnya.

Harga tersebut merupakan harga tengah, sedangkan untuk tarif batas atas harga tiket KA Kuala Stabas mencapai Rp170.000 setiap penumpang.

Tiket KA Kuala Stabas Premium jurusan Tanjungkarang-Baturaja PP resmi beroperasi dengan tarif tiket promosi khusus yang sangat terjangkau oleh masyarakat dengan stasiun pemberhentian di Rejosari, Kotabumi, Martapura, dan Baturaja.

Harga tiket promo tersebut dapat diperoleh di loket pembelian tiket dua jam sebelum keberangkatan dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga sesungguhnya.

Harga tiket Martapura-Baturaja Rp20.000, Tanjungkarang-Rejosari Rp30.000, Kotabumi-Tanjungkarang Rp30.000, Rejosari-Kotabumi Rp30.000, Baturaja-Kotabumi Rp45.000, dan Martapura-Kotabumi Rp45.000.

Tarif ini berlaku untuk rute sebaliknya. Sedangkan untuk tarif tiket Tanjungkarang ke Martapura dan Baturaja atau sebaliknya berlaku tarif promo diskon yaitu Rp75.000.

Kereta yang dibuat pada tahun 2017 oleh PT INKA (Industri Kereta Api) di Madiun, Jawa Timur ini didatangkan oleh PT KAI (Persero) ke Lampung tanggal 4 Maret 2018 melalui Pelabuhan Panjang, Bandarlampung.

Kereta api premium ini pertama kali di ujicobakan pada tanggal 21 Maret 2018 dengan rute Tanjungkarang-Kotabumi PP, dan selanjutnya untuk mendukung angkutan Lebaran 2018 diujicobakan pengoperasiannya melayani penumpang mulai tanggal 5 Juni 2018 dengan rute Tanjungkarang (Lampung) sampaj Baturaja (Sumatra Selatan) PP.

Kereta Api Kuala Stabas ini terdiri atas 8 gerbong kelas premium dengan kapasitas 640 tempat duduk (seat) dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang disiapkan untuk kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penumpang, seperti CCTV, support wifi, AC sentral, reclyning seat, televisi layar datar, dukungan untuk orang berkebutuhan khusus (difabel), tanda dan peralatan untuk keadaan darurat, display monitor untuk informasi, dan toilet ramah lingkungan.

Bahkan untuk melayani kebutuhan makan dan minum penumpang, juga disiapkan satu gerbong restorasi yang menjual berbagai makanan dan minuman sehat, dan higienis serta dilayani oleh pramugara/pramugari.

Baca juga: KAI operasikan kereta Kuala Stabas Premium rute Tanjungkarang-Baturaja

Pewarta: Budisantoso Budiman & Emir FS
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018