St Petersburg (ANTARA News) - Tuan rumah Piala Dunia Rusia di atas kertas telah mengamankan posisi mereka di putaran kedua berkat kemenangan 3-1 atas Mesir pada Selasa, yang membawa mereka memuncaki klasemen Grup A dengan koleksi enam poin dari dua pertandingan.

Tiga gol dalam rentang waktu 15 menit pada awal babak kedua membawa Rusia memegang kendali sebelum bintang Mesir Mohamed Salah, yang tampil tidak menonjol pada pertandingan ketika ia kembali dari cedera, mengemas gol melalui ekskeusi penalti, yang diberikan setelah peninjauan ulang video.

Seandainya Uruguay (tiga poin) menang atas Arab Saudi (0 poin) pada Rabu, itu akan memastikan tim Amerika Selatan dan Rusia melaju ke 16 besar dengan menyisakan satu pertandingan.

Baca juga: Mesir tahan imbang Rusia babak pertama

Setelah babak pertama yang berlangsung ketat, Rusia akhirnya mampu memecahkan kebuntuan pada menit kedua setelah turun minum.

Umpan silang Aleksandr Golovin ditinju kiper Mesir Mohamed El-Shenawy, namun bola jatuh ke penguasaan Roman Zobnin yang sepakan mendatarnya dibelokkan Ahmed Fathi untuk masuk ke gawangnya sendiri.

Ini adalah gol bunuh diri kelima di turnamen elit sejauh ini. Rekor gol bunuh diri terbanyak di Piala Dunia adalah enam gol pada 1998.

Jika terdapat sedikit keberuntungan untuk menjadi gol pembukaan, gol kedua Rusia murni didapat melalui kualitas.

Baca juga: Pendukung Rusia rayakan kemenangan

Alexander Samedov mendorong bola melebar menuju Mario Fernandes, bek kanan kelahiran Brazil itu kemudian menggebrak untuk mengirimkan umpan tarik sempurna menuju jalur Denis Cheryshev, yang meneruskannya untuk menjadi gol ketiganya di turnamen ini.

Dua menit berselang skor kembali berubah menjadi 3-0, ketika penyerang Artem Dzyuba menguasai bola panjang dengan dadanya, melewati Ali Gabr dan mencetak gol.

Salah, yang tidak bermain sejak mengalami cedera ketika Liverpool kalah dari Real Madrid di final Liga Champions bulan lalu, mengukir gol hiburan ketika ia sukses mengeksekusi penalti yang didapat setelah Video Asisten Wasit (VAR) memutuskan bahwa ia dijatuhkan Zobnin di kotak terlarang, demikian Reuters melaporkan.

Baca juga: Klasemen Grup A, tuan rumah Rusia memimpin

(H-RF/T013)

Pewarta: antara
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018