counter

Indosat Ooredoo catat kenaikan trafik data 73 persen

Indosat Ooredoo catat kenaikan trafik data 73 persen

Indosat Ooredoo (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA News) - Indosat Ooredoo saat Hari Raya Idul Fitri 1439 H mencatat kenaikan trafik data sebesar 4.867,58 Terabyte per hari atau 73 persen dibanding tahun lalu.

"Perusahaan mampu menjaga kualitas jaringannya demi kenyamanan pelanggan menikmati perjalanan mudik dan bersilaturahmi," kata Group Head Network Operations Indosat Ooredoo yang sekaligus menjadi Ketua Festive Lebaran 2018 Umar Hadi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Perusahaan mencatat peningkatan trafik tertinggi untuk penggunaan data adalah pada puncak arus mudik atau bertepatan dengan H-3 Lebaran sebesar 5.338,47 Terabyte per hari, atau naik 49,70 persen dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Berbeda dengan layanan data, trafik layanan suara dan pesan singkat (SMS) cenderung turun selama Lebaran 2018. Bila dibandingkan dengan trafik reguler harian biasa, trafik suara pada hari Lebaran mengalami penurunan menjadi sekitar 153,91 juta menit, atau turun sekitar 17,37 persen

Sedangkan trafik SMS pada Idul Fitri menurun menjadi sekitar 137,18 Juta SMS, atau turun 15,11 persen.

Keberhasilan pengiriman SMS antar-pelanggan Indosat Ooredoo lebih dari 94,83 persen dan 95,32 persen untuk tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar-operator. Ini berarti tidak ada permasalahan signifikan dalam pengiriman SMS iwalau terjadi kepadatan jalur pengiriman.

Perusahaan juga memastikan pelayanannya dengan melakukan pemantauan jaringan yang dikendalikan dari Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai Pusat Komando yang beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah Lebaran. Tujuannya, untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim performance monitoring sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim Layanan Pelanggan sehingga apabila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin.

Indosat Ooredoo telah mengantisipasi kenaikan ttrafik dengan menaikkan kapasitas jaringan, melakukan pemantauan intensif kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC), pemantauan kualitas layanan melalui Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC), serta mengaktifkan Command Center Lebaran yang beroperasi 24 jam.

Pada Kuartal I tahun 2018, Indosat Ooredoo memiliki 96,2 juta pelanggan dan mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 75,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2017.
 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar