Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Spanyol sukses menaklukkan Iran dengan skor 1-0 di laga lanjutan Grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Kazan Arena, Rusia, Kamis dini hari WIB, yang membuat peluang tim Matador lolos ke babak 16 besar semakin besar.

Dipantau dari laman resmi FIFA di Jakarta, Kamis, satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut dicetak oleh Diego Costa pada menit ke-54. Ini sekaligus menjadi gol ketiga Costa di Piala Dunia 2018.

Kemenangan dari Iran membuat Spanyol untuk sementara memimpin klasemen Grup B bersama Portugal karena sama-sama memilki empat poin dari dua pertandingan.

Sementara Iran berada di peringkat ketiga dengan tiga poin setelah satu kali menang dari dua laga. Adapun tim terakhir di Grup B, Maroko, dipastikan tak lolos karena gagal meraih poin di dua partai yang sudah dijalani.

Dengan demikian, penentuan kelolosan dari Grup B ditentukan di pertandingan terakhir di mana Spanyol akan berhadapan dengan Maroko, sementara Iran akan melawan Portugal.

Dalam pertandingan tersebut Iran kontra Spanyol, pelatih Spanyol Fernando Hierro menurunkan deretan pemain terbaiknya seperti Sergio Ramos, Andres Iniesta dan Diego Costa.

Iran pun memainkan nama-nama andalan seperti Omid Ebrahimi dan Sardar Azmoun.

Spanyol bermain dengan strategi yang sudah menjadi ciri khasnya yakni umpan pendek satu-dua dan penguasaan bola.

Iran berlaga dengan lebih pasif. Anak-anak asuh pelatih Carlos Queiroz menumpuk pemain di lini pertahanan dan mengandalkan serangan balik dalam usaha mencetak gol.

Namun, tak ada gol tercipta di babak pertama yang bertahan 0-0 sampai wasit Andres Cunha dari Uruguay meniup peluit tanda laga memasuki masa jeda.

Di babak kedua, Spanyol akhirnya berhasil mencetak gol di menit ke-54 melalui Diego Costa. Costa sukses memanfaatkan umpan dari gelandang Andres Iniesta.

Iran sempat mencetak gol di menit ke-62, tetapi dibatalkan oleh wasit setelah melihat rekaman dari video pembantu (VAR).

Kedua tim tak mampu menciptakan gol lain di waktu tersisa. Skor 1-0 untuk kemenangan Spanyol bertahan sampai laga usai.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Iran: Ali Beiranvand, Ehsan Haji Safi (kapten; 69`, Milad Mohammadi), Saeid Ezatolahi, Morteza Pouraliganji, Omid Ebrahimi, Karim Ansarifard (75`, Alreza Jahanbakhsh), Vahid Amiri (86`, Saman Ghoddos), Mehdi Taremi, Majid Hosseini, Sardar Azmoun, Ramin Rezaeian.

Spanyol: David de Gea, Dani Carvajal, Gerard Pique, Sergio Busquets, Andres Iniesta (71`, Koke), Lucas Vazquez (79`, Marco Asensio), Sergio Ramos (kapten), Jordi Alba, Diego Costa (89`, Rodrigo), David Silva, Isco.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018