Moskow (ANTARA News) - Komite Disiplin FIFA telah menyetujui Federasi Sepak Bola Meksiko (FMF) dengan denda CHF 10.000 untuk kesalahan sekelompok penggemar Meksiko dalam kaitannya dengan nyanyian diskriminatif dan menghina selama setengah dari pertandingan Piala Dunia FIFA 2018 dimainkan antara Jerman dan Meksiko.

Dalam keterangan FIFA melalui Media Channel, dipantau di Moskow, Kamis, keputusan itu disahkan setelah penilaian menyeluruh dari laporan pertandingan yang relevan, preseden FMF dan bukti yang diberikan, termasuk video insiden serta contoh tindakan berkelanjutan tertentu yang diambil oleh FMF untuk meningkatkan kesadaran di antara para pendukungnya.

Selain itu, Komite Disiplin memberi peringatan kepada FMF, yang mungkin menghadapi sanksi tambahan jika terjadi pelanggaran berulang atas jenis ini.

Selain itu, Komite Disiplin FIFA telah menyetujui Asosiasi Sepak Bola Serbia dengan denda CHF 10.000 untuk menampilkan spanduk ofensif dan politik oleh penggemar Serbia selama pertandingan yang dimainkan antara Serbia dan Kosta Rika.

Komite Disipliner mengambil keputusannya setelah menganalisis semua keadaan khusus dari setiap kasus, khususnya, laporan pejabat pertandingan, posisi yang diadopsi oleh asosiasi (jika ada), serta bukti yang relevan yang tersedia. Dalam kasus-kasus di atas, ini termasuk laporan pengamat pertandingan anti-diskriminasi yang telah dikerahkan untuk pertama kalinya di Piala Dunia FIFA.

FIFA memiliki pendekatan toleransi nol terhadap diskriminasi (lihat Statuta FIFA, pasal 4) dan tidak akan mentolerir perilaku seperti itu dari penggemar di stadion. Serangkaian tindakan untuk memerangi diskriminasi dan mempromosikan keragaman telah dilaksanakan, termasuk sistem pemantauan anti-diskriminasi, yang telah aktif sejak 2015, untuk mengamati dan melaporkan semua 871 pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 dan semua pertandingan FIFA Piala Konfederasi 2017 dan Piala Dunia FIFA 2018.

Selain itu, FIFA telah menerbitkan Panduan Praktik yang Baik tentang Keanekaragaman dan Anti-Diskriminasi untuk mendukung semua asosiasi anggotanya. Berbicara dalam istilah umum, FIFA mengajak semua penggemar untuk datang ke stadion dengan semangat persatuan, perdamaian, dan persahabatan. (T013).

(T013/I015)

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018