Trudeau: ganja legal di Kanada mulai 17 Oktober

Trudeau: ganja legal di Kanada mulai 17 Oktober

Mariyuana untuk pengobatan dipak dalam toples di The Joint Cooperative di Seattle, Washington, Jumat (27/1). Upaya untuk melegalkan mariyuana untuk penggunaan hiburan mencapai momentumnya di Washington dan Colorado, kendati desakan dari pihak berlawanan dari pemerintah federal dan perang budaya selama satu dekade terhadap obat terlarang yang paling banyak digunakan di AS. (REUTERS/Cliff DesPeaux)

Ottawa (ANTARA News) - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pada hari Rabu bahwa marijuana rekreasi akan menjadi legal secara nasional di Kanada mulai 17 Oktober.

"Kami bekerja dalam kemitraan dengan provinsi-provinsi, dan karena kami telah melewati langkah-langkah ini di Parlemen kami telah mendengarkan provinsi-provinsi yang telah meminta lebih banyak waktu untuk menerapkannya," kata Trudeau.

"Itu sebabnya kami menerima permintaan dari provinsi dan itulah mengapa kami akan melegalkannya pada 17 Oktober 2018," katanya pada konferensi pers.

Senat Kanada meloloskan undang-undang untuk melegalkan ganja pada Selasa setelah lebih dari satu tahun studi intensif baik di House of Commons dan Senat.

Undang-undang ini menjadikan Kanada sebagai negara kedua di dunia yang memungkinkan pasar ganja legal nasional, meskipun masing-masing provinsi Kanada sedang menyusun aturannya sendiri untuk penjualan ganja.

Undang-undang, yang berasal dari janji kampanye Trudeau untuk menjauhkan marijuana dari pengguna di bawah umur dan mengurangi kejahatan terkait, memungkinkan orang dewasa di negara tersebut untuk memiliki dan menggunakan sejumlah kecil ganja rekreasi secara legal.

Aturan tersebut menetapkan parameter sekitar produksi, kepemilikan, standar keamanan, distribusi, dan penjualan obat. Ini juga menciptakan pelanggaran KUHP baru untuk menjual ganja kepada anak di bawah umur.

Berdasarkan undang-undang itu, akan ilegal bagi siapa pun yang lebih muda dari 18 untuk membeli pot, tetapi memungkinkan provinsi dan wilayah untuk menetapkan usia minimum yang lebih tinggi. Demikian dilansir Kantor Berita Xinhua.

Baca juga: Senat Kanada setuju legalkan marijuana

Baca juga: Mau coba Kopi Ganja Budi Waseso?

Pewarta:
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar