Polisi Kapuas Hulu baca Alquran dan Alkitab sebelum apel

Polisi Kapuas Hulu baca Alquran dan Alkitab sebelum apel

Ilustrasi. Polwan Mengajar Baca Al-Quran Polwan dari Polresta Karanganyar membimbing sejumlah anak untuk membaca alquran di masjid polresta setempat, Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (19/6). Kegiatan yang digelar Polresta Karanganyar secara rutin selama bulan Ramadan tersebut untuk mensosialisasikan peran polisi sebagai pelayan masyarakat. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Putussibau, Kalbar (ANTARA News) - Anggota kepolisian Polres Kapuas Hulu wilayah Polda Kalimantan Barat diwajibkan membaca ayat suci Alquran dan Alkitab setiap sebelum apel di halaman Polres setempat.

"Jadi setiap sebelum melaksanakan apel anggota wajib membaca Alquran dan Alkitab untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anggota dalam melaksanakan tugas," kata Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi kepada Antara di Putussibau, Kapuas Hulu, Kamis.

Menurut Imam, program baca kitab suci itu juga untuk menanamkan cinta kitab suci, baik yang muslim mau pun non muslim sesuai kitab suci masing-masing.

Selain untuk ibadah, lanjut Imam, melalui pembacaan ayat-ayat kitab suci anggota Polri dapat menahami tugasnya sebagai profesi dan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

"Harapan kita agar setiap tugas yang dilaksanakan itu dapat diridhoi oleh Allah serta dalam lindungan-Nya," jelas Imam.

Imam menambahkan, sebagai anggota Polri dalam menjalankan tugas dapat memberikan contoh dan dapat berbaur ditengah masyarakat dengan dilandasi Iman dan taqwa.

Ia mengatakan selalu berupaya menjadikan seluruh jajaran hingga kapolsek dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Polisi bukanlah institusi yang harus ditakuti namun kami juga bagian dari masyarakat untuk selalu hadir memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," ujar dia.

Disampaikan Imam, untuk memberikan contoh kepada masyarakat perlu dilakukan mulai dari dalam lingkungan Polri itu sendiri.

"Mudah-mudahan kami dapat selalu memberikan yang terbaik kepada semua pihak dalam menjalankan tugas, untuk itu kami perlu dukungan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif," kata Imam.

Baca juga: Presiden tegaskan relevansi Al Quran di era "disruption"

Baca juga: Alquran sulaman terbesar dari penganut Konghucu diserahkan ke Jokowi

Baca juga: Teks kuno ditemukan di gua "Naskah Laut Mati"

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Polisi naikkan kasus kerumunan Rizieq ke penyidikan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar