Tangerang (ANTARA News) - Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, akan membangun terminal IV untuk menambah kapasitas penumpang.

"Saya sudah perintahkan kepada Menteri Perhubungan, Dirut AP II, untuk juga menyiapkan terminal yang keempat karena memang kita harus selalu merencanakan lebih awal seperti itu," kata Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan landasan pacu (runway) ketiga Bandara Soetta, Tangerang, Kamis.

Ada dua proyek yang sedang dikerjakan di Bandara Soetta yaitu pembangunan landasan pacu (runway) sepanjang 3.000 meter dan taxi way sepanjang 3.160 meter. Kedua pembangunan itu menelan biaya hingga sekitar Rp1,5 triliun dengan pembangunan landasan pacu baru dimulai pada Maret 2018 dan masih terkendala pembebasan tanah.

"Jangan sampai lonjakan penumpang yang sekarang ini yaitu penumpang 60 juta kurang lebih, 63 juta (orang), kita perkirakan 2025 mencapai lebih dari 100 juta (orang). Jadi kalau terminal ini tidak juga segera dipersiapkan kita juga akan kedodoran lagi," ungkap Presiden Jokowi.

Lokasi terminal IV akan dibangun di bekas lapangan golf Suwarna yang masih dalam kawasan Bandara Soetta dengan nilai proyek sekitar Rp11 triliun.

"Inilah persiapan-persiapan yang hari ini saya tinjau dan alhamdullilah ini masih sesuai dengan target. Kita harapkan betul-betul nanti pelayanan pada penumpang udara betul-betul bisa dilayani dengan baik," ungkap Presiden.

Terminal IV tersebut masih dalam proses perincian desain.

"Perkiraan ini masih dalam proses detail engineering, desain. Kita perkirakan 2020 dimulai (pembangunan). Memang sudah tidak ada kesempatan lagi, begitu direncanakan, desain langsung dikerjakan. Kurang lebih 2020 akan dimulai dan tadi langsung saya perintahkan juga," tambah Presiden.

Ia pun menyerahkan proses pembangunan tersebut ke Angkasa Pura II selaku pengelola bandara Soetta.

"Ya kita berusaha di dalam setiap pembangunan selalu menggandeng private sector, dari sektor swasta, tapi ya terserah ini B2B (business to business) Angkasa Pura II dengan siapa, terserah Angkasa Pura II," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden tinjau pembangunan "runway" III Bandara Soetta

Baca juga: Landasan pacu ketiga tampung 114 pergerakan pesawat


Baca juga: Presiden Jokowi ulang tahun, warganet ucapkan #HBDJokowiKerjaPakaiHati

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018