Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengklaim telah memiliki 80 persen prediksi target medali Asian Games 2018 jelang batas akhir pendaftaran peserta pada 30 Juni.

"Kami akan konfirmasi langsung kepada setiap cabang olahraga setelah 30 Juni. Termasuk, memastikan uji coba dan program pelatnas seperti apa, serta evaluasi pelatnas yang dipimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)," kata Menpora selepas bersilaturahmi dengan para pemangku kepentingan Asian Games dan Asian Para Games di Jakarta, Kamis.

Menpora mengklaim konfirmasi kepastian target medali bagi kontingen Indonesia dalam Asian Games ke-18 tidak membutuhkan waktu yang lama setelah penutupan pendaftaran peserta.

"Ada beberapa cabang olahraga yang harus dihitung secara detail. Tapi, itu tidak butuh waktu lama," kata Menpora.

Penghitungan secara detail terkait target medali Indonesia itu, menurut Menpora, seperti jumlah negara yang ikut dalam setiap cabang olahraga serta siapa saja atlet-atlet yang mereka turunkan pada masing-masing nomor pertandingan.

"Semua peserta akan saling memantau satu sama lain. Kami akan mengonfirmasi kepada masing-masing cabang olahraga apakah target mereka sesuai dengan catatan sebelumnya atau tidak," kata Menpora.

Menpora juga meminta semua pemangku kepentingan Asian Games dapat berkoordinasi untuk mewujudkan target prestasi peringkat 10 besar.

"Tidak ada kendala, semua sudah berjalan dengan baik. Jika ada kendala internal pengurus cabang olahraga itu sudah biasa dan tertangani. Pemerintah sudah memberikan dana pelatnas langsung kepada pimpinan-pimpinan cabang olahraga. Tapi, tidak ada keluhan sedikit pun tentang alat," kata Menpora tentang proses pelatnas Asian Games.

Silaturahmi Menpora Imam Nahrawi jelang Asian Games dan Asian Para Games itu diikuti Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir, Ketua Panitia Penyelanggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari, Komandan Kontingen (CdM) Indonesia dalam Asian Games Komjel Pol. Syafruddin dan Komandan Kontingen (CdM) Indonesia dalam Asian Para Games Arminsyah.

Baca juga: Umum - Menpora minta manajer tim jaga mental atlet

Baca juga: Menpora minta dukungan MUI terkait Asian Games-Paragames

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018