Korban gigitan monyet liar di Bekasi bertambah

Korban gigitan monyet liar di Bekasi bertambah

Ilustrasi monyet ekor panjang (Macaca fascicularis). (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

Bekasi, Jawa Barat (ANTARA News) - Korban gigitan monyet liar di Perumahan Pondok Mitra Lestari, Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, bertambah menjadi dua orang yang berasal dari petugas keamanan setempat.

"Siang tadi satu dari tiga monyet liar yang berkeliaran di kompleks kami berhasil ditangkap, tapi sore tadi kembali lepas dan menggigit lagi satu satpam kami," kata Plt RW13 PML Rio Budianto di Bekasi, Jumat malam.

Menurut dia, korban gigitan monyet liar jenis beruk itu bernama Dayat yang tengah bertugas sebagai Satpam di PML.

Beruk tersebut awalnya berhasil ditangkap Dayat dengan memancingnya turun dari atap rumah warga menggunakan umpan pisang dan langsung dimasukkan ke dalam kandang besi.

Upaya penangkapan itu dilakukan petugas keamanan pascainsiden serangan beruk tersebut terhadap rekannya yang berprofesi sebagai Satpam di RT03 dan RT04 RW13 PML, Abdul Aziz (30) pada Kamis (21/6) sore.

"Sekitar pukul 16.30 WIB korban mengeluarkan beruk tersebut dari kandangnya dengan maksud memasang tali di leher dan dipelihara. Tapi rupanya lepas dan menggigit lengan Dayat," katanya.

Dayat kemudian dilarikan ke klinik terdekat untuk dirawat secara medis luka gigitan yang dialaminya.

Menurut Rio, dengan lepasnya monyet liar tersebut, maka sekitar tiga ekor lainnya masih bebas berkeliaran di PML hingga saat ini.

Rio mengaku akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menangkap monyet liar tersebut karena dianggap meresahkan warga, khususnya kaum ibu rumah tangga.

Monyet yang belum diketahui asal muasalnya itu diketahui bebas berkeliaran di PML sejak 2016 dan telah berulang kali menyerang warga.

"Pernah tukang sayur yang lewat di depannya diserang karena mungkin dia nyari makan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Abdul Aziz (30) dijahit tangan kanannya karena digigit monyet liar, Kamis petang (21/6), dan harus mengalami empat jahitan di tangannya akibat tertancap taring seekor monyet liar dengan kedalaman sekitar dua centimeter.

Kronologis kejadian berawal saat korban tengah berjaga di Pos RT03/RT04 PML, lalu dihampiri seekor monyet liar yang tengah membuntuti rekan korban sesama Satpam bernama Miit.

"Saat keduanya tengah berbincang, tiba-tiba monyet liar yang belum diketahui jenisnya itu menyerang korban secara berutal hingga tangannya kena gigit dan mengalami pendarahan," katanya.

Korban kemudian dilarikan ke klinik terdekat untuk mendapat perawatan medis berupa jahitan luka hingga pemberian obat antitetanus.

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar