Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Penyelenggara Asian Games 2018 menggelar festival di lima wilayah kota administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu yang mencakup 44 kecamatan dan 267 kelurahan untuk menyambut kedatangan obor Asian Games.

Lewat Festival Jelang Obor Asian Games 2018, yang mencakup pawai mengarak replika obor Asian Games keliling kelurahan dan kecamatan, pemerintah provinsi ingin mengajak warga Jakarta menyambut dan memeriahkan Asian Games 2018.

"Saya bayangkan Asian Games ini bukan hanya milik dari atlet maupun masyarakat yang ada di seputar venue atau Kampung Atlet, tapi di seluruh wilayah DKI Jakarta dan Insya Allah seluruh wilayah Indonesia," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno dalam Konferensi Pers Festival Jelang Obor Asian Games 2018 di Kampung Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan, Sabtu.

Wakil Gubernur akan berpartisipasi dalam festival tersebut.

"Saya sangat bangga atas kegiatan ini. Karena masih terngiang-ngiang saat membawa obor Olimpiade enam tahun lalu sampai sekarang. Saya ingin pengalaman yang saya dapatkan ini juga bisa dirasakan oleh masyarakat Jakarta," kata Sandiaga.

Setiap kelurahan di wilayah DKI Jakarta akan terlibat dalam festival itu. Masing-masing kelurahan akan menurunkan enam regu pelari yang masing-masing terdiri atas 11 orang yang mencakup satu pembawa obor dan 10 pengiring. Setiap regu dari kelurahan akan berlari sejauh 500 meter membawa obor ke regu berikutnya secara estafet sampai ke kecamatan.

Kegiatan itu akan dilaksanakan 1 Juli di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, 8 Juli di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat, dan 15 Juli di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Baca juga: Pawai obor Asian Games libatkan 53 kabupaten-kota
Baca juga: Pawai obor jadi penekanan promosi Asian Games

 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018