Sampang (ANTARA News) - Kapolda Jatim Injend Pol Machfud Arifin meminta agar Polres Sampang mempertebal pengamanan saat pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan, yakni Pilkada Sampang dan Pilgub Jatim berlangsung pada 27 Juni 2018.

Ia juga meminta, peran aktig semua pihak untuk mensukseskan pesta demokrasi tersebut sesuai harapan, yakni aman, damai dan berlangsung secara demokratis.

"Ini perlu komitmen dari tokoh agama dan masyarakat untuk membantu menyampaikan pada saat tanggal 27 Juni datang ke TPS, perbedaan pilihan hal biasa tapi tidak membuat perpecahan kesatuan negara, satu suara menentukan daerahnya selama lima tahun kedepan," ujarnya di Sampang, Sabtu.

Kapolda Machfud Arifin datang ke Sampang, Madura, Jawa Timur bersamaPanglima Kodam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Arif Rahman. Kedua pejabat itu memantau kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 di Kabupaten Sampang, Madura.

Sebelum ke Sampang, Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya berkunjung ke Kabupaten Pamekasan, memantau kesiapan pelaksanaan pilkada di wilayah itu.

Kapolda bahkan memantau secara langsung persiapan pendistribusian logistik pilkada di gudang penyimpanan logistik KPU Pamekasan

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Sampang, Machfud Arifin meminta pentingnya aparat untuk mempertebal kekuatan personil keamanan dalam pelaksanaan Pilkada serentak karena tolak ukur kesuksesan pesta demokrasi lima tahunan itu tergantung dari tingkat keamanan, netralitas, maupun penyelenggara pemilu yang profesional.

Selain itu,partisipasi masyarakat dalam memilih yang perlu ditingkatkan minimal 70 persen.

Selain itu, Kapolda berharap ada kekuatan masyarakat yang menghendaki perdamaian. Alasan itu disebabkan karena pesta demokrasi adalah pesta kegembiraan rakyat dalam memilih pemimpin.

Machfud mengatakan, yang perlu diantisipasi pasca pencoblosan dan perhitungan suara di Sampang yakni beredarnya informasi yang tidak akurat soal kemenangan pasangan calon. Untuk itu, masyarakat harus menunggu hasil perhitungan langsung dari KPU setempat.

"Saya yakin dan percaya dengan kesungguhan semua pihak pelaksanaan Pilkada serentak pasti aman," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman menyampaikan, saat ini situasi keamanan di wilayah Sampang menjelang pelaksanaan Pilkada serentak masih terjaga aman dan kondusif. Sebab, seluruh steakholder maupun pihak terkait terus bersinergi dan bekerjasama dalam menjaga kondusifitas wilayah.

"Mudah-mudahan selama tahapan Pilkada serentak sampai selesai terpilih kepala daerah ini tetap aman dan kondusif," kata Budhi dihadapan Kapolda Jatim dan Pangdam V/ Brawijaya.

Sementara, Penjabat (Pj) Bupati Sampang Jonathan Judianto menambahkan secara umum tahapan Pilkada di Sampang sudah dilakukan sesuai ketentuan. Sehingga pelaksanaan pesta demokrasi telah siap berlangsung pada Rabu 27 Juni 2018 mendatang.

Turut hadir dalam kunjungan kerja Kapolda Jatim Irjen Pol Mahfud Arifin dan Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Arif Rahman di Sampang, Kapolres Bangkalan AKBP Boby Paludin Tambunan, KPU dan Panwaslu Sampang, serta seluruh PPK.

Baca juga: Kapolda minta warga dan ulama Jatim dukung pelaksanaan pilkada

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018