Jakarta (ANTARA News) - Meski tidak dilabeli sebagai grup neraka, namun Grup F Piala Dunia 2018 yang diisi Meksiko, Jerman, Swedia dan Korea Selatan menyuguhkan persaingan yang ketat hingga pertandingan kedua fase penyisihan grup.

Meksiko tampil sebagai tim kejutan dengan memuncaki klasemen Grup F setelah mendulang dua kemenangan, 1-0 atas Jerman dan 2-1 atas Korea Selatan, sekaligus di ambang lolos ke babak 16 besar.

Jerman pun bangkit dari keterpurukan usai kalah memalukan pada laga pertama atas Meksiko. Pasukan Joachim Loew itu membalikkan kedudukan untuk mengalahkan Swedia 2-1 berkat gol penentu dari tendangan bebas Toni Kroos di ujung laga.

Baca juga: Gol-gol injury time ramaikan hari ke-10 Piala Dunia

Der Panzer merangsek ke urutan kedua dengan perolehan tiga poin, menyamai koleksi angka Swedia yang meraih satu kemenangan atas Korea Selatan pada laga pembuka.

Berdasarkan hitung-hitungan poin dan lawan yang akan dihadapi, Jerman berpeluang besar lolos ke babak 16 besar asalkan menang atas Korea Selatan pada laga pamungkas 27 Juni mendatang.

Namun Swedia juga masih berpeluang lolos asalkan mampu mengalahkan Meksiko dengan skor yang lebih besar dari Jerman atas Korea Selatan. Berikut beberapa skenarionya:

Baca juga: Foto-foto saat Jerman membalikkan kedudukan atas Swedia

Jerman lolos jika:

- Menang berapapun jumlah gol atas Korea Selatan (Jerman 6 poin), asalkan Swedia (3 poin) kalah dari Meksiko.
- Menang berapapun jumlah gol atas Korea Selatan (Jerman 6 poin), asalkan Swedia (4 poin) imbang dari Meksiko.
- Menang atas Korea Selatan dengan jumlah gol lebih banyak (Jerman 6 poin) jika Swedia (6 poin) menang dari Meksiko dengan jumlah gol lebih sedikit dari Jerman.
- Imbang atas Korea Selatan (Jerman 4 poin), asalkan Swedia (3 poin) kalah dari Meksiko.

Swedia lolos jika:

- Menang berapapun jumlah gol atas Meksiko (Swedia 6 poin), jika Jerman (3 poin) kalah dari Korsel
- Menang berapapun jumlah gol atas Meksiko (Swedia 6 poin), jika Jerman (4 poin) imbang dari Korsel
- Menang atas Meksiko dengan jumlah gol lebih banyak (Swedia 6 poin) jika Jerman (6 poin) menang dari Korsel dengan jumlah gol lebih sedikit.
- Imbang atas Meksiko (Swedia 4 poin), asalkan Jerman (3 poin) kalah dari Korsel.

Korea Selatan lolos jika

- Menang lebih dari dua gol atas Jerman (3 poin), dan Swedia (3 poin) kalah dari Meksiko dengan jumlah kemasukan lebih dari dua gol.

Meksiko bisa tersingkir jika:

- Kalah dari Swedia dengan selisih lebih dari 2 gol, dan Jerman menang atas Korsel dengan selisih gol lebih banyak dari Meksiko. Jika hal itu terjadi maka Jerman, Swedia dan Meksiko sama-sama mengumpulkan 6 poin dan ditentukan berdasarkan selisih gol, produktifitas hingga catatan fair play.

Klasemen sementara:
 
Group F
TIM Main Selisih Gol Nilai
Meksiko 2 3 - 1 6
Jerman 2 2 - 2 3
Swedia 2 2 - 2 3
Korea Selatan 2 1 - 3 0

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018