Hal itu jangan terjadi lagi, sebab pengusaha kecil ini menjadi modal bagi kita."
Makassar (ANTARA News) - Wakil Presiden M. Muhammad Jusuf Kalla (JK) meminta persoalan Pasar Sentral Makassar, Sulawesi Selatan, dapat segera diselesaikan sehingga para pedagang dapat menjalankan roda perekonomian di tempat itu.

"Kadin diam saja, kenapa pedagang kecil dipermainkan? Hal itu jangan terjadi lagi, sebab pengusaha kecil ini menjadi modal bagi kita," kata Wapres, menyinggung sikap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Pertemuan Saudagar Bugis-Makassar (PSBM) ke-XVIII di Makassar, Minggu.

Wapres JK menilai, kondisi Pasar Sentra Makassar yang pernah terbakar hingga kini belum bisa beroperasi karena masih terjadi masalah yang harus diselesaikan.
Wakil Presiden Jusuf Kalla membawakan sambutan saat pembuakaan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-XVIII 2018 di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (24/6/2018). PSBM tersebut dihadiri sekitar 1.800 pengusaha asal Sulsel dari delapan negara. Pertemuan tersebut sebagai ajang silaturahmi para pengusaha yang berada di dalam dan luar negeri dan menjalin sinerginitas potensi usaha dalam meningkatkan ekonomi bangsa. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)


Baca juga: Api masih berkobar di Pasar Sentral Makassar

Ia menjelaskan, ketika masih menjadi Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin), bahkan ketika menjabat sebagai Wakil Presiden, dirinya begitu fokus membela pedagang kecil.

Menurut dia, jika pedagang kecil dipermainkan, maka tidak akan tumbuh ke atas.

"Jika pedang kecil tidak bisa sukses dan menjadi pengusaha besar, maka tidak ada yang bayar pajak, tidak ada yang mempekerjakan orang, dan tentu kemiskinan akan tumbuh," ujarnya di hadapan ribuan peserta dan undangan PSBM.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono telah menitipkan penyelesaian pasar sentral usai mengaktifkan kembali Mohammad Ramdhan Pomanto sebagai Wali Kota Makassar, di Kantor Gubernur Sulsel beberapa waktu lalu.

Dirinya berpesan agar Wali Kota Makassar dan wakilnya dapat menyelesaikan persoalan tersebut, namun tentu harus berpihak kepada rakyat.

Baca juga: Wapres: Ekonomi Islam harus bangkit

Baca juga: Polisi periksa enam saksi kebakaran Pasar Sentral

Baca juga: Kebakaran Pasar Sentral karena kumuh dan listrik


 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018