Kaliningrad (ANTARA News) - Persatuan Sepak Bola Serbia mengajukan banding ke badan sepak bola dunia (FIFA) terkait kepemimpinan wasit Felix Brych ketika timnya kalah 1-2 dari Swiss pada laga grup E Jumat, sehingga terancam gagal ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.

"Kami telah mengajukan tujuh rekaman video yang jelas menunjukkan kecenderungan Brych membuat keputusan yang merugikan tim kami," demikian pernyataakan Persatuan Sepak Bola Serbia.

Baca juga: Costa dipastikan absen saat Brazil lawan Serbia

"Tayangan rekaman itu menunjukkan adanya standar ganda dari Brych dalam pemberian kartu kuning. Ia dengan cepat memberi kartu itu kepada pemain kami, sedangkan pada kasus yang sama ia tidak memberi kartu itu kepada tim lawan."

Komplain utama Serbia adalah keputusan wasit tidak memberi hadiah penalti bagi Aleksandar Mitrovic pada babak kedua, ketika kedudukan 1-1. Dalam insiden itu wasit memilih untuk tidak menggunakan bantuan video (VAR).

Baca juga: Klasemen Piala Dunia Grup E: Rebutan posisi puncak di laga terakhir

Gol dari pemain Swiss Xherdan Shaqiri pada perpanjangan waktu memberi timnya menang 2-1 pada pertandingan itu.

Dengan kekalahan itu, berarti Serbia harus menang lawan Brazil pada pertandingan terakhir grup E Rabu mendatang jika ingin lolos.

Jika hasilnya nanti seri, Serbia untuk lolos harus dengan syarat Swiss kalah lebih dari satu gol atas Kosta Rika.

Baca juga: Galeri foto: Shaqiri ukir gol penentu kemenangan Swiss

(T004/B015)

Pewarta: ANTARA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018