Kazan (ANTARA News) - Perjalanan Kolombia di Piala Dunia kembali mendapat harapan berkat kemenangan 3-0 atas Polandia di Grup H pada malam yang panas di Kazan Arena, sekaligus membuat Polandia tersingkir dari turnamen akbar pada Minggu (Senin dini hari WIB).

Kemenangan ini membawa Kolombia berada di peringkat ketiga di klasemen grup dengan koleksi tiga poin, di bawah Jepang dan Senegal, yang bermain imbang 2-2 pada Minggu sore yang membuat kedua tim itu masing-masing memiliki empat poin.

Kemenangan atas tim Afrika itu pada pertandingan grup terakhir di Samara pada Kamis mendatang, akan mengamankan tiket Kolombia ke 16 besar ketika mereka mengincar untuk setidaknya dapat menyamai pencapaian perempatfinal di Brazil empat tahun silam.

Bagi Polandia, optimistis yang terbangun dari lolosnya mereka ke perempatfinal Piala Eropa 2016 dan penampilan yang meyakinkan di kualifikasi terbukti tidak berdampak ketika mereka harus menelan kekalahan kedua secara beruntun.

Baca juga: Kolombia singkirkan Polandia dari Piala Dunia 2018

Pertandingan ini dimulai dengan suara yang bising dari para penggemar Kolombia yang mengenakan kaus kuning, dan pembukaan laga berlangsung hingar-bingar, di mana Polandia memberikan sejumlah adangan fisik dan Robert Lewandowski mendapatkan perhatian dari barisan pertahanan Kolombia.

Bek Yerry Mina membuka keunggulan timnya pada menit ke-40, sedangkan kapten Radamel Falcao dan pemain sayap Juan Cuadrado mengunci kemenangan dengan dua gol dalam rentang waktu lima menit ketika Polandia berusaha menyamakan kedudukan pada 15 menit terakhir.

Gelandang James Rodriguez, pemenang Sepatu Emas pada Piala Dunia terakhir, kembali masuk tim inti setelah cedera dan berandil besar dalam dua gol ketika Kolombia kembali ke jalur yang tepat setelah menelan kekalahan dari Jepang pada pertandingan pembukaan.

Baca juga: Pelatih Panama: Inggris spektakuler

Taktik ofensif

Taktik ofensif Polandia terbatasi bola-bola panjang terhadap penyerang andalan mereka, dan meski Kolombia berusaha memainkan bola di permukaan lapangan mereka tidak mampu mengandalkan operan-operannya.

Bagaimanapun, Cuadrado menimbulkan masalah di sisi kanan Polandia, dan gebrakan sang pemain sayap pada menit ke-37 menghadirkan peluang pertama, yang masih dapat diblok kiper Wojciech Szczesny.

Perasaan lega itu tidak berumur panjang dan pada serangan Kolombia berikutnya Juan Quintero menemukan Rodriguez di dalam kotak penalti, dan sang gelandang mencungkil bola umpan silang menuju area berbahaya untuk disambut tandukan Mina yang masuk ke dalam gawang.

Baca juga: Allardyce: Inggris jago manfaatkan servis bola mati

Polandia mencoba menggebrak sejak awal babak kedua, namun mereka masih tidak mampu berbuat banyak dan Cuadrado segera menimbulkan masalah di sisi kanan.

Lewandowski akhirnya mendapat kesempatan untuk mencetak gol perdananya di Piala Dunia pada menit ke-58, namun sentuhan pertama pada bola panjang bukan kemampuan terbaiknya dan kiper David Ospina mampu menjinakkan tembakannya.

Quintero bermain sebagai kreator pada menit ke-70 dan Falcao mengecoh bek terakhir sebelum melesakkan bola melewati Szczesny, untuk menjadi gol pertamanya di ajang Piala Dunia.

Polandia berusaha menekan untuk memperkecil ketertinggalan, dan lima menit kemudian mereka kemasukan lewat serangan baik tim Kolombia, di mana Rodriguez mengirim operan melintasi lapangan untuk diselesaikan menjadi gol Cuadrado.

Baca juga: Mau berbagi resep kemenangan, Maradona desak bertemu tim Argentina

(H-RF)

Pewarta: ANTARA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018