Jakarta (ANTARA News) - Teater Koma kali ini membawa cerita yang berbau futuristik ke panggung teater, berkisah tentang percintaan antara astronom dan alien karya Nano Riantiarno. Pementasan bertajuk "Gemintang" itu merupakan produksi Teater Koma ke-153 yang berlangsung di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki.  

Penulis naskah dan sutradara Nano Riantiarno mengatakan Arjuna - Sumbadra adalah kisah cinta di negeri tanpa cinta, di mana masih ada individu yang melakukan korupsi, mengambil hak orang lain.

“Lakon Gemintang terjadi di sebuah negeri di mana manusia sudah melupakan ilmu pengetahuan dan mengabaikan pendidikan, lalu hanya bisa melakukan tindakan korupsi. Ketika kekuasaan dan kekayaan menjadi tujuan akhir, banyak orang yang rela melakukan segala cara untuk meraihnya," kata Nano di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Senin.

"Apa yang terjadi ketika generasi muda mencoba memberontak, melepaskan diri dari jerat kebobrokan generasi sebelumnya. Inilah kisah manusia yang mencari cinta di negeri tanpa cinta,” lanjut dia.

Pentas perdana Teater Koma tahun ini bercerita tentang seorang astronom bernama Arjuna yang jatuh cinta kepada alien bernama Ssumphphwttsspahzaliapahssttphph alias Sumbadra. 

Alien itu berasal dari planet Ssumvitphphpah, jaraknya 12 miliar tahun bumi. Jarak bukan halangan bagi perasaan Arjuna yang bertekad mengenalkan Sumbadra kepada keluarganya.

Wibowo, ayah Arjuna adalah seorang pedagang yang kemudian masuk partai dan akhirnya menjadi anggota Dewan Rakyat. Wibowo juga merupakan seorang koruptor dan keberadaannya kini sudah terlacak oleh pihak yang berwenang. 

Pada saat yang genting, Arjuna datang memboyong Sumbadra untuk dikenalkan kepada Wibowo dan anggota keluarganya yang lain. 

Pentas "Gemintang" akan dimainkan oleh Budi Ros, Ratna Riantiarno, Idris Pulungan, Salim Bungsu, Rita Matu Mona, Daisy Lantang, Dana Hassan, Suntea Sisca, Andhini Puteri, Ina Kaka, Bayu Dharmawan, Dodi Gustaman, Sir Ilham Jambak, Julung Zulfi, Sekar Dewantari, Bunga Karuni, Febri Siregar, Joind Bayuwinanda, Tuti Hartati dan Rangga Riantiarno. 

Pentas ini juga melibatkan anggota-anggota hasil rekrutan baru yang sebelumnya mengikuti program Pembekalan Anggota Teater Koma (PATEKO) pada awal 2018.

"Gemintang" akan dipentaskan di Graha Bhakti Budaya, Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki pada 29 Juni hingga 8 Juli 2018 pukul 19.30 WIB kecuali hari Minggu, 1 dan 8 Juli 2018, pukul 13.30 WIB.

Tiketnya dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp80.000 untuk tiket harga nomat hingga Rp500.000 untuk tiket akhir pekan.

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018