Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Arab Saudi dan Mesir melakoni laga terakhir mereka di putaran final Piala Dunia 2018 setelah keduanya dipastikan tersingkir di fase penyisihan Grup A.

Meski demikian, laga pamitan antara kedua tim tak kekurangan drama, dua buah penalti dan satu gol di menit-menit tambahan babak kedua mewarnai kemenangan 2-1 Saudi atas Mesir di Stadion Volgograd, Rusia, Senin (25/6).

Selain itu, satu rekor baru juga terpecahkan dengan penampilan penjaga gawang Essam El Hadary sebagai pemain tertua yang bermain di putaran final Piala Dunia 2018 dalam usia 45 tahun 161 hari.

El Hadary juga menambah manis catatan itu dengan sebuah penyelamatan penalti di babak pertama, membuatnya --jika ada rekor yang mencatat-- sebagai kiper tertua yang menggagalkan tendangan penalti.

Sayangnya, tendangan penalti kedua Arab Saudi berhasil dieksekusi secara baik oleh Salman Al-Faraj, menyamakan kedudukan 1-1 atas gol Mohamed Salah untuk Mesir sebelumnya. Gol Mesir itu tercipta secara cantik lewat tendangan ungkit Salah melewati kepala kiper lawan meskipun dalam posisi dikawal ketat bek Saudi.

Baca juga: Hasil dan klasemen akhir Grup A, Uruguay jawara Rusia kedua

Saudi akhirnya pulang dengan mengantongi kemenangan perpisahan ketika Salem Al Dawsari mencetak gol lewat tendangan terakhir saat laga memasuki menit 90+5.

Berikut galeri foto laga pamitan Arab Saudi dan Mesir dari Rusia.
Para pemain Saudi berfoto jelang laga. (AFP/Philippe DESMAZES)
Foto jelang laga timnas Mesir. (AFP/Nicolas ASFOURI)
 
Salah (kiri) berhasil menjangkau bola mendahului bek Saudi Osama Hawsawi demi mencetak gol pembuka. (AFP/Philippe DESMAZES)
El Hadary melompat untuk menyelamatkan tendangan penalti Fahad Al Muwallad.(AFP/Mark RALSTON)
El Hadary (tengah) mendapat ucapan selamat dari rekan-rekannya, sementara Al Muwallad (kanan)berlalu. (AFP/Mark RALSTON)
Sayangnya, pada penalti kedua Saudi, El Hadary gagal mengulangi kegemilangannya, Al-Faraj melakukan tendangan kecohan. (AFP/Philippe DESMAZES)
Al-Faraj merayakan golnya. (AFP/Nicolas ASFOURI)
Ekspresi Salah ketika gagal memanfaatkan peluang. (AFP/Philippe DESMAZES)
Penyerang Mesir Marwan Mohsen (kiri) melakoni duel udara dengan bek Arab Saudi Yasser Al Shahrani (tengah). (AFP/Mark RALSTON)
Selebrasi gol penentu kemenangan Al-Dawsari. (AFP/Mark RALSTON)
Gelandang Hussain Al Moqahwi mendekati Al Dawsari untuk mengucapkan selamat atas golnya. (AFP/PHILIPPE DESMAZES)
Para pemain Saudi merayakan gol kemenangan mereka. (AFP/Mark RALSTON)
Salah menyampaikan salam perpisahan kepada para pendukung Mesir. (AFP/Nicolas ASFOURI)


 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018