Jakarta (ANTARA News) - Berkat teknologi pembantu wasit (VAR) yang membuat wasit Piala Dunia terlihat plin plan, sampai pertandingan Selasa dini hari tadi di Grup B Piala Dunia 2018, tercatat sudah 20 tendangan penalti dihadiahkan wasit kepada tim-tim yang bersaing pada putaran final kali di Rusia ini.

Jumlah sebanyak itu memecahkan rekor yang sudah berumur 28 tahun sejak Piala Dunia 1990.  Pada Piala Dunia 1990, dan juga 1998 dan 2002, jumlah tendangan penalti adalah 18. Sedangkan di Brasil pada 2014, hanya tercipta 13 tendangan penalti

Harry Kane dari Inggris dan Mile Jedinak dari Australia menjadi pemain yang paling sering memasukkan gol lewat tendangan penalti dibandingkan dengan pencetak gol lainnya, dengan dua gol. Sedangkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menjadi dua dari lima pemain yang gagal mengeksekusi tendangan penalti.

Catatan terbaik tendangan penalti yang berhasil dikonversi menjadi gol sejauh ini masih dipegang Piala Dunia 1998 ketika 17 penalti menjadi gol. Tetapi rekor itu kemungkinan pecah dalam turnamen edisi ini mengingat masih sangat banyaknya pertandingan yang akan dimainkan pada Piala Dunia 2018.

Baca juga: Prediksi Prancis vs Denmark: Les Blues ingin di puncak demi hindari Kroasia  dan Prediksi Australia ve Peru: usaha terakhir Socceroos ke 16 Besar

Berikut 13 foto lainnya dari 15 tendangan penalti berbuah gol pada Piala Dunia di Rusia itu:
 
Satu dari  tiga gol yang diciptakan Cristiano Ronaldo saat Portugal manahan seri Spanyol 3-3  pada 16 Juni berasal dari penalti.  (Reuters)
 
Antoine Griezmann (juga Jedinak dari Australia) menciptakan gol dari penalti saat Prancis  bungkam Australia 2-1  pada 16 Juni. (Reuters)
 
Luka Modric mengantarkan Kroasia menang 2-0 atas Nigeria  pada 17 Juni via penalti setelah gol bunuh diri Oghenekaro Etebo.  (Reuters)
 
Tendangan penalti  Andreas Granqvist jadi penentu kemenangan 1-0 Swedia atas Korea Selatan dalam pertandingan 18 Juni 2018.  (AFP)
 
Tunisia menciptakan satu gol saat dikalahkan Inggris 1-2 pada 19 Juni berkat gol ciptaan Ferjani Sassi dari  tendangan penalti.  (Reuters)
 
       Shinji Kagawa menciptakan gol pembuka saat Jepang menang 2-1 atas Kolombia pada 19 Juni 2018 dari sepakan penalti. (Reuters)
 
Gol pertama Mesir pada Piala Dunia 2018 diciptakan Mohamed Salah dari penalti saat kalah 1-3 lawan Rusia 1-3 pada 20 Juni. (Reuters)
 
Mile Jedinak menyelamatkan Australia dengan tendangan penalti sehingga pertandingan melawan Denmark pada 21 Juni seri 1-1. (AFP)
 
Salah satu dari dua gol Eden Hazard saat Belgia mempecundangi Tunisia 5-2 pada 23 Juni 2018, berasal dari tendangan penalti.  (AFP)
 
Carlos Vela membuka keunggulan 2-1 Meksiko atas Korea Selatan pada 23 Juni 2018 dari sepakan penalti. (REUTERS/Darren Staples)
 
Dua dari tiga gol Harry Kane ke Panama saat Inggris menang 6-1 pada 24 Juni berasal dari penalti dan ini adalah salah satunya.  (AFP)
 
Salman Al-Faraj mencetak salah satu dari dua gol Arab Saudi saat menang 2-1 melawan Mesir pada 25 Juni, dari titik penalti. (Reuters)
 
Karim Ansarifard menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dalam pertandingan Iran vs Portugal pada 25 Juni, dari tendangan penalti . (AFP)

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018