Jakarta (ANTARA News) - Minum air jahe tampaknya aman bagi kebanyakan orang. Namun, mungkin ada beberapa situasi yang mengharuskan seseorang berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health di Amerika Serikat, ada beberapa kekhawatiran bahwa jahe dapat mengganggu obat pengencer darah. 

Meskipun penelitian tidak dapat menyimpulkan hal ini, orang yang mengonsumsi pengencer darah harus berkonsultasi dengan dokter sebelum minum air jahe.

Perlu diingat, minum air jahe secara berlebihan dapat mengalami efek samping ringan, yakni: sakit perut, diare dan mulas.

Satu studi, menggunakan data dari 1.020 wanita, yang meninjau keamanan jahe selama kehamilan. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi jahe selama kehamilan untuk mengobati mual dan muntah tidak meningkatkan risiko kelahiran prematur, malformasi kelahiran.

Namun, meskipun tidak ada penelitian yang menyimpulkan bahwa jahe menyebabkan bahaya pada kehamilan, lebih baik berkonsultasi dengan dokter sebelum minum air jahe saat hamil. Demikian seperti dilansir Medical News Today.

Baca juga: Beberapa manfaat minum air jahe

Baca juga: Makanan ini bantu jaga kesehatan sistem pencernaan Anda

Baca juga: Mahasiswa ciptakan balsem dari jahe

Baca juga: Gunakan rempah-rempah ini saat musim hujan

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018