Jakarta (ANTARA News) - Lokasi kejuaraan lari marathon beregu "ASICS Relay Indonesia 2018" yang sebelumnya akan digelar di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, 4 Agustus dipindahkan Pantai Indah Kapuk karena lokasinya untuk persiapan Asian Games.

ASICS Asia Marketing Director, Gabriel Yap dalam keterangannya di Jakarta, Selasa mengatakan pemindahan lokasi ini diharapkan tidak menjadi kendala atau bahkan justru menjadi daya tarik tersendiri bagi calon peserta.

"Sulit setiap kali ada permintaan dari pemerintah setempat untuk mengganti lokasi penyelenggaraan. Yang jelas kami akan mempersiapkan lokasi baru dengan baik," katanya dalam keterangan resminya.

Menurut dia, kejuaraan marathon beregu ini akan memanfaatkan lahan yang baru direklamasi. Namun akan disesuaikan dengan kebutuhan supaya peserta terkesan dengan kejuaraan lari yang sedikit berbeda dengan biasanya.

"Pantai Indah Kapuk yang baru, bagaimanapun juga adalah lokasi yang mengesankan dan ASICS Relay akan menjadi acara olahraga pertama yang diadakan di sana sehingga kami benar-benar menantikan untuk memberikan pengalaman perlombaan yang berbeda kepada semua tim," katanya menambahkan.

Dalam keterangan sebelumnya, Jakarta menjadi lokasi kedua penyelenggara ASICS Relay 2018. Untuk seri pertama digelar di Filipina. Sedangkan seri berikutnya akan digelar di Thailand, Malaysia dan Singapura. Disinilah atlet terbaik diseri Indonesia akan dikirim untuk mengikuti kejuaraan yang sama di negara yang telah ditetapkan.

ASICS Relay Indonesia akan menggunakan konsep beregu yang terdiri dari empat orang yaitu semuanya laki-laki, semuanya perempuan dan campuran. Adapun usia atlet yang diperbolehkan bersaing untuk menjadi yang terbaik adalah usia 16 tahun ke atas.

Khusus nomor marathonnya sendiri ada dua kategori yang dilombakan yaitu 21 km atau half marathon dan 42 km atau full marathon. Untuk pendaftarannya sendiri dilakukan secara online dan telah dibuka sejak Jumat (13/4).

Kejuaraan ini memang berbeda dengan marathon pada umumnya. Pada kejuaraan marathon beregu ini anggota tim yang berjumlah empat orang akan menyelesaikan masing-masing lari 5,25 km secara bergantian. Ini berlaku pada kategori full dan half marathon.

Setiap pelari nantinya akan menyerahkan token relay ke pelari berikutnya dalam zona transisi yang telah ditentukan guna menandai pergantian pelari dan pelari terakhir menyelesaikan lomba di garis finis.

Adapun hadiah yang bakal diterima tim juara selain dikirim ke kejuaraan ASICS Relay lainnya dengan semua akomodasi ditanggung panitia, juga bakal mendapatkan hadiah uang tunai serta produk dari sponsor dengan nilai Rp2,1 juta hingga Rp21 juta.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018