Grammy tambah penerima nominasi demi keberagaman

Grammy tambah penerima nominasi demi keberagaman

Piala Grammy Awards (Reuters)

Jakarta (ANTARA News) - Grammy Awards menambah jumlah penerima nominasi dalam kategori-kategori teratas, dari lima menjadi delapan, untuk meningkatkan keberagaman dalam penghargaan di dunia musik yang sudah berlangsung selama 60 tahun itu.

Perubahan itu akan berlaku mulai tahun depan, Grammy Awards 2019, menyusul adanya kritik mengenai minimnya jumlah perempuan yang menerima nonimasi, menjadi pemenang dan jadi penampil di acara tersebut.

Jumlah nominasi ditambah untuk kategori-kategori utama seperti album terbaik, lagu terbaik dan pendatang baru terbaik di mana delapan musisi akan berkompetisi meraih penghargaan itu. Sejak 1959, Grammy hanya memberikan nominasi pada lima musisi untuk kategori pendatang baru terbaik.

Kategori di luar kategori utama tetap hanya menominasikan lima kandidat.

Baca juga: Grammy perlonggar persyaratan untuk nominasi penghargaan album tahun ini

"Ini menciptakan lebih banyak kesempatan untuk banyak orang dalam kategori-kategori penting dan memberi lebih banyak keleluasaan pada pemilih ketika harus menghadapi keputusan sulit mengenai siapa yang bisa mewakili musik terbaik tahun itu," kata presiden Recording Academy Neil Portnow dalam keterangan seperti dikutip Reuters.

Pada Grammy 2018, di mana Bruno Mars membawa pulang enam penghargaan untuk album "24K Magic", Portnow dikritik karena mengatakan bahwa musisi perempuan harus bekerja lebih keras bila ingin mendapatkan pengakuan besar.

Recording Academy kemudian membuat kelompok demi meningkatkan keberagaman, lalu Portnow mengumumkan ia akan mengundurkan diri dari jabatannya tahun depan.

Penambahan nominasi untuk Grammy menyusul keputusan serupa yang dilakukan oleh Academy of Motion Pictures pada 2009 untuk menambah jumlah nominasi dari lima menjadi 10 dalam kategori film terbaik Oscar.

Meski pemenangnya hanya satu, nominasi dan kemenangan dalam Grammy dan Oscar biasanya melejitkan penjualan dan peraihan box office untuk musisi dan film.

Nominasi Grammy 2019 akan diumumkan pada musim gugur mendatang dan diadakan di Los Angeles pada Februari.

Baca juga: Daftar nominasi Grammy Awards 2018

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Sabet 4 Piala Oscar, film "Parasite" selebrasi kemenangan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar