Jakarta (ANTARA News) - Beberapa komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) pulang ke daerah asal mereka untuk menggunakan hak pilih dalam pemilihan kepala daerah serentak pada Rabu.

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menggunakan hak pilihnya di Tangerang.

"Pak Viryan nyoblos di Pontianak. Bu Evi ke Medan. Pak Hasyim dan Pak Wahyu ke Semarang. Saya di Tangerang," ujar Pramono merujuk pada komisioner KPU Viryan, Evi Novida Ginting Manik, serta Wahyu Setiawan dan Hasyim Asy`ari.

Sementara Ketua KPU Arief Budiman yang berdomisili di DKI Jakarta, yang tidak melaksanakan pilkada, serta Komisioner KPU Ilham Saputra menjadi tuan rumah kegiatan "Election Visit Program 2018" yang dipusatkan di Surabaya.

Mengenai pelaksanaan pilkada di tempatnya memilih di Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Pramono mengatakan pemungutan suara sejauh ini berjalan lancar dan kondusif, masyarakat pun antusias.

"Meskipun Pilkada Kabupaten Tangerang hanya diikuti paslon tunggal, tetapi saya lihat masyarakat cukup antusias untuk menggunakan hak suaranya," kata dia ketika dihubungi melalui telepon.

Ia berharap partisipasi pemilih dalam pilkada di 16 daerah yang diikuti oleh calon tunggal tetap tinggi.

Dalam pilkada serentak di 171 daerah tahun ini, KPU memberikan jadwal pemilih dalam tiga kategori.

Kategori pertamanya, pemilih Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dapat menyalurkan suaranya mulai pukul 07.00 sampai dengan 13.00 waktu setempat, dengan syarat menunjukkan e-KTP asli atau Formulir C6 (pemberitahuan memilih).

Selanjutnya pemilih Daftar Pemilih Pindahan (DPPh), yang sudah mengurus surat numpang memilih atau pindahan (A5) dari luar TPS, tetapi masih di daerah pemilihan dengan waktu pemilihan sama seperti DPT pada pukul 07.00 sampai dengan 13.00 waktu setempat.

Terakhir pemilih Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) atau pemilih yang belum tercantum menjadi DPT dapat memilih mulai pukul 12.00 sampai dengan pukul 13.00 dengan membawa KTP elektronik asli bagi yang memiliki, atau bisa dengan surat keterangan yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Baca juga: 17 provinsi, 115 kabupaten, 39 kota tentukan pemimpin baru hari ini
 

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018