Solo (ANTARA News) - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 11 Kampung Gilingan Kelurahan Nusukan Kecamatan Banjarsari Solo mengusung konsep semangat Asian Games XVIII 2018 untuk menarik para pemilih pada Pilkada Jawa Tengah, Rabu.

TPS 11 Gilingan meriah dengan berbagai hiasan dan asesoris bernuangsa Asian Games 2018, antara lain poster semua cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Jakarta dan Palembang Oktober mendatang.

Bahkan, sejumlah meja dan bilik pencoblosan juga bergambar Asian Games serta banyak umbul-umbul Asian Games juga terpasang di sekitar TPS itu.

Menurut Ketua KPPS 11 Gilingan Solo Aditya Wibisono KPP 11 sengaja memilih dengan tema Asian Games untuk menarik perhatian warga untuk hadir memeriahkan pesta demokrasi Pilkada Jateng tahun ini. Dengan adanya tema unik tersebut dia berharap warga akan mendatangi TPS ikut memberikan hak suaranya untuk memilih calon pemimpinnya di Jateng.

Baca juga: TPS 96 Surakarta hadirkan kemeriahan Piala Dunia

"Kami dengan pesta demokrasi Pilgub Jateng, sekaligus ikut mensosialisasikan Asian Games 2018 yang digelar di Indonesia," tutur Aditya.

Dia megatakan jumlah daftar pemilih tetap yang terdaftar di TPS 11 Gilingan sebanyak 370 pemilih warga Gilingan di empat RT. Pada Pilkada lima tahun lalu jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya sekitar 55 persen.

"Kami berharap pada Pilgub Jateng tahun ini, jumlah pemilih bisa mencapai sekitar 75 hingga 80 persen yang memberikan hak suara," ucapnya, berharap.

Selain itu, masyarakat yang hadir di TPS dengan bergembira merasakan pesta demikrasi yang nyaman, aman, dan lancar untuk menentukan calom pemimpinnya di Jateng untuk lima tahun ke depan.

Warno (40) salah satu warga Gilingan TPS 11 menyatakan cukup unik dan kelihatan meriah sehingga warga merasakan senang hadir ke TPS memberikan hak suaranya.

"Saya senang memberikan hak pilihnya untuk Pilgub Jateng ini," katanya.

Baca juga: Unik, TPS di Kupang dihiasi pernak-pernik Piala Dunia

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018