Sumenep, Jawa Timur (ANTARA News) - Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, berhasil mengungguli pasangan nomor urut 2 Saifullah Yusuf-Puti Guntur dalam pemungutan suara Pemilihan Guburner Jatim 2018-2023 di tempat pemungutan suara (TPS) Bupati Sumenep A. Busyro Karim.

"Khofifah-Emil memperoleh 61 suara dan Gus Ipul (Saifullah Yusuf)-Puti sebanyak 53 suara," kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 07 Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota, Heidar di Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, Rabu siang.

TPS 07 Kelurahan Pajagalan Kecamatan Kota adalah TPS Bupati Sumenep, A Busyro Karim dan istrinya, Nurfitriana, menggunakan hak pilihnya.

Heidar menjelaskan, jumlah calon pemilih di TPS 07 Kelurahan Pajagalan Kecamatan Kota sesuai daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Jatim sebanyak 262 orang.

Hingga waktu pemungutan suara berakhir pada pukul 13.00 WIB, calon pemilih yang menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut hanya 114 orang dan 148 lainnya tak hadir ke TPS.

"Kami tidak tahu alasan mereka tidak hadir ke TPS. Di TPS kami, calon pemilih tak hadir lebih banyak dibanding yang hadir," kata Heidar, menerangkan.

Baca juga: Khofifah-Emil unggul sementara

Baca juga: Gus Ipul nongkrong di warkop "Cak Edy" setelah mencoblos

Baca juga: KPU Sampang pastikan kericuhan di TPS 005 Tanggumong sudah reda


Ia menjelaskan, penghitungan surat suara di TPS 07 hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dan dihadiri oleh saksi dari masing-masing pasangan calon.

Secara keseluruhan, jumlah pemilih Pilkada Jatim 2018 di Sumenep sesuai daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan oleh KPU setempat sebanyak 854.158 orang.

Sementara jumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada Jatim di Sumenep sebanyak 2.400 TPS yang tersebar di 27 kecamatan.

Pewarta: Abd Aziz & Slamet Hidayat
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018