Samarinda (ANTARA News) - Hitung cepat yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menempatkan pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Isran Noor-Hadi Mulyadi unggul sementara pada Pemilihan Kepala Daerah Kalimantan Timur (Pilkada Kaltim) 2018.

Data hitung cepat LSI Denny JA yang dipantau ANTARA News di Samarinda, Rabu, hingga pukul 16.45 Wita mencatat pasangan nomor urut 3 Isran-Hadi memperoleh dukungan 29,77 persen suara, dari data masuk yang sudah mencapai 85,16 persen.

Menyusul berikutnya, pasangan nomor urut 2 Syaharie Jaang-Awang Ferdian Hidayat dengan 25,11 persen suara, Rusmadi Wongso-Safaruddin (nomor 4) mendapatkan dukungan 25,01 persen suara, dan terakhir pasangan nomor urut 1 Sofyan Hasdam-Rizal Effendi dengan 20,12 persen suara.

Isran-Hadi yang diusung koalisi Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional unggul di tujuh kabupaten/kota, meliputi Kota Samarinda, Bontang, Kabupaten Penajam Paser Utara, Paser, Berau, Kutai Timur, dan Kutai Kartanegara.

Sementara itu, di Kota Balikpapan, pasangan Rusmadi-Safaruddin berada di urutan teratas perolehan dukungan suara dengan 33,26 persen, unggul tipis dari Sofyan Hasdam-Rizal Effendi dengan 30,62 persen suara.

Kegagalan pasangan nomor urut 1 merebut dukungan mayoritas di Balikpapan cukup mengejutkan, mengingat Cawagub Rizal Effendi merupakan Wali Kota Balikpapan yang kini sedang menjalani periode kedua jabatannya.

Sedangkan, Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu menjadi milik pasangan Jaang-Ferdi dengan meraup dukungan 45,41 persen suara. Kedua daerah ini memang menjadi basis pendukung Syaharie Jaang.

Namun, di Kota Samarinda, di mana kini Jaang menjabat sebagai Wali Kotanya, dukungan suaranya justru kalah dari Isran-Hadi, yakni 29,09 persen berbanding 34,26 persen.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018