Palestina kutuk serangan oleh pemukim Yahudi

Palestina kutuk serangan oleh pemukim Yahudi

Siswa putri mengikuti kelas di sebuah tenda di lokasi sekolah mereka setelah pasukan Israel menghancurkan bangunan yang biasa digunakan untuk kelas, di selatan Hebron, wilayah pendudukan Tepi Barat, Palestina, Selasa (10/4/2018). (REUTERS/Mussa Qawasma)

Ramallah (ANTARA News) - Kementerian Luar Negeri Palestina pada Selasa (26/6) mengutuk serangan oleh pemukim Yahudi terhadap orang Palestina dan tempat suci mereka, serta menilai Pemerintah Israel bertanggung-jawab atas serangan itu.

Saat ini Pemerintah Israel melihat kesempatan untuk melakukan rencana perluasan kolonial, termasuk penuntasan Judaisasi atas Jerusalem, perluasan permukiman, serta makin menghapuskan kehadiran Palestina dari wilayah pendudukan, demikian pernyataan Kemenlu Palestina, layaknya dikutip kantor berita Xinhua China.

Pernyataan itu dikeluarkan setelah bentrokan pada malam hari antara orang Palestina dan pasukan Israel tepat setelah pemukim memasuki Kota Nablus di Tepi Barat Sungai Jordan dan melakukan upacara di Makam Nabi Yusuf AS, tempat yang dipandang suci oleh kedua pihak.

Beberapa sumber medis mengatakan lebih dari 35 orang Palestina, termasuk seorang wartawati dan seorang anak kecil, cedera oleh tentara Israel yang menembakkan peluru berlapis karet dan peluru aktif, gas air mata serta granat kejut untuk membubarkan orang Palestina.

Pemukim Yahudi juga menyerang warga sipil Palestina dan kendaraan mereka di Desa Burqa.

Kementerian Luar Negeri Palestina menuduh Amerika Serikat mendukung Israel, dan membiarkan pemukim Yahudi melancarkan provokasi dan kekerasan terhadap orang Palestina dan tempat suci mereka".

Palestina juga menyeru ke Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) agar "mempercepat pelaksanaan mekanisme hukum internasional dan prosedur untuk mengaktifkan sistem perlindungan internasional sebelum terlalu terlambat".

Baca juga: Retno Marsudi: Palestina sangat perlu perhatian-bantuan internasional
Baca juga: Palestina sebut rancangan kesepakatan damai AS sebagai pemecah
Baca juga: Indonesia beri bantuan 2 juta dolar AS untuk Palestina
Baca juga: Serangan fatal Israel kelamkan libur Idul Fitri di Gaza

Pewarta: -
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Menlu RI bertemu Presiden Majelis Umum dan DK PBB bahas isu Palestina

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar