Bekasi (ANTARA News) - Tempat Pemungutan Suara 45 Perumahan Pondok Mitra Lestari, Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, dijaga sejumlah jawara Betawi yang melayani pemungutan suara Pilkada, Rabu pagi

"Ornamen jawara Betawi ini merepresentasikan budaya lokal di Kota Bekasi di tengah pluralisme masyarakat saat ini," kata Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara TPS 45 PML Wing Dharmawan di Bekasi.

Menurut dia, tema TPS pilkada kali ini sengaja dibuat unik untuk menarik simpati sebanyak 647 daftar pemilih tetap (DPT) di RT01 hingga RT09 PML, Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.

Sebanyak enam anggota KPPS TPS 45 nampak mengenakan pakaian jawara Betawi dengan kaos putih dibalut kain sarung serta celana pangsi bercorak batik berikut peci hitam.

Para anggota KPPS itu bergaya ala jawara dengan sesekali melontarkan pantun khas Betawi dalam mengumumkan tata tertib dan penanggalan pemilih menuju bilik suara.

"Saya yakin, pemilih yang datang ke TPS ini lebih dari Pemilu sebelumnya yang hanya 50 persen, sebab dari pagi ramai yang datang," katanya.

Undangan kepada pemilih untuk datang ke TPS juga dilakukan sejumlah pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Binaul Ummah PML melalui pengeras suara.

"Warga kita woro-woro pakai pengeras suara masjid sejak shalat Subuh tadi, pemanggilan ini juga dilakukan berkala setiap satu jam sekali hingga pukul 12.00 WIB," katanya.

Ornamen jawara di lokasi itu juga diperlihatkan dengan bentuk TPS yang ditempatkan di dalam bangunan pendopo Betawi di RT 08 RW13 PML berikut hiasan lampu dan coraknya.

Tidak jarang sejumlah pemilih meminta foto bareng dengan para petugas KPPS untuk mengabadikan momentum tersebut.

Baca juga: Rahmat nilai pemilih di Pilkada Bekasi cerdas

Baca juga: Basuki Hadimuljono gunakan hak suaranya di Bekasi

Baca juga: Perwakilan 17 negara pantau TPS 1 Bekasi

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018