Siak (ANTARA News) - Paslon Gubernur Riau Syamsuar-Edi Nasution menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh relawan dan masyarakat Provinsi Riau yang telah memilihnya menjadi pemimpin "Bumi Lancang Kuning" untuk lima tahun kedepan saat menyambangi posko "Karib" yang ada di Pekanbaru, Rabu.

Tim pemenangan pasangan nomor urut 1 ini tampak antusias memadati ruangan Koalisi Riau Bersatu atau mereka sebut Karib ini. Mereka menyambut Syamsuar - Edi penuh haru sambil menggemakan takbir.

"Dari pelaksanaan Pilgub Riau ini ada beberapa hal yang patut disyukuri. Pertama pelaksanaan Pilkada yang aman, tertib dan damai. Mulai dari masa kampanye oleh masing-masing Paslon hingga pemungutan suara dan perhitungan suara," kata Syamsuar menyampaikan sambutannya di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan, berjalan dengan tertib, aman dan damainya Pilkada di Riau harus patut disyukuri dan diapresiasi. Selain itu ia bersyukur dari hasil perhitungan suara sementara berdasarkan "Quick Count" Syamsuar-Edi memperoleh suara tertinggi.

"Saat ini hasil dari perhitungan cepat atau Quick Count di semua kabupaten/kota Provinsi Riau, Alhamdulillah rakyat memberikan amanah kepada saya dan bapak Edi Nasution," ucapnya lagi.

Dia mengatakan lagi, saat ini masih terus berlangsung perhitungan suara di berbagai TPS, PPK, dan tingkat KPU kabupaten/kota serta hasil akhir di KPU Riau.

Ia berharap proses perhitungan suara tetap berjalan aman dan damai hingga akhir, sehingga Pilkada di provinsi Riau berjalan dengan tertib dan sukses.

"Mari kita ikuti proses perhitungan suara hingga akhir, karena ini baru perhitungan sementara," katanya.

Namun pihaknya optimis akan memenangi pesta demokrasi ini untuk memimpin Riau lima tahun kedepan.

"Kami menyampaikan bahwa kemenangan ini adalah kemenangan rakyat Riau. Mari bersama-sama kita menjalan visi dan misi yang telah kami sampaikan sebelumnya untuk mengembangkan Riau menjadi lebih baik. Kami sudah mempunyai program unggulan untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat Riau," ungkap dia.

Lembaga riset dan konsultan politik Pollmark Indonesia dalam hitung cepatnya (quick count), menyatakan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar-Edy Nasution, memenangi Pilkada 2018 dengan perolehan suara mencapai 23.321 atau 38,17 persen, kata Direktur Operasional Polmark Indonesia Maikal Febrian, di Kota Pekanbaru, Rabu

Ia mengatakan pasangan nomor urut 2 Lukman Edy-Hardianto mendapat 10.543 suara (17,25 persen), nomor urut 3 Firdaus-Rusli Effendi mendapat 12.359 suara (20,23 persen). Sementara itu paslon petahana gubernur Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno mendapat 14.882 suara (24,35 persen).

Dengan begitu selisih raihan suara Paslon Syasmuar-Edy dengan Paslon petahana yang berada diperingkat kedua mencapai sekitar 13,7 persen.

Ia mengatakan hitung cepat Polmark menggunakan metodologi `systemic random sampling` sebanyak 350 sampel tempat pemungutan suara (TPS). Sementara itu, tingkat kesalahan (margin of error) mencapai plus minus 1 satu persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Ada empat pasangan calon yang saling bersaing pada Pemilihan Gubernur Riau 2018. Paslon Syamsuar-Edy Nasution mendapat nomor urut 1. Mereka diusung oleh PAN, PKS dan NasDem. Paslon nomor urut 2 adalah Lukman Edy-Hardianto diusung oleh Gerindra dan PKB.

Kemudian Paslon nomor urut 3 adalah Firdaus-Rusli Effendi yang diusung oleh Partai Demokrat dan PPP. Gubernur Riau petahana, Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno menjadi Paslon nomor urut 4. Mereka diusung oleh Partai Golkar, PDIP dan Hanura.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018