Pamekasan (ANTARA News) - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan, Jawa Timur , Badrut Tamam-Raja`e (Berbaur) menang dengan perolehan 32.159 suara dibanding pasangan KH Kholilurrahman-Fathor Rohman (Kholifah) pada Pilkada Pamekasan 27 Juni 2018.

"(Pasangan) Khofifah menang di 10 kecamatan dari 13 kecamatan yang ada di Pamekasan," kata Ketua Tim Pemenangan Berbaur Ali Subki saat konferensi pers di Hotel Odaita, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Ali Subki, Rabu malam.

Sementara Berbaur menang di Kecamatan Pamekasan, Tlanakan, Proppo, Pasean, Batumarmar, Pakong, Kadur, Pademawu, Galis dan Kecamatan Larangan.

Di Kecamatan Palengaan, Berbaur kalah 3.679 suara, di Kecamatan Waru kalah 3.748 suara dan di Kecamatan Pegantenan kalah 1.614 suara.

Menurut Ali Subki, data kemenangan ini berdasarkan hasil pendataan cepat yang dilakukan tim Berbaur serta hasil survei lembaga Polltrack Institute Indonesia.

Agus Budiono dari Polltrack Institute Indonesia menjelaskan survei yang diambil dari 320 tempat pemungutan suara (TPS) di Pamekasan dari semua TPS.

Metode yang digunakan adalah statistik klaster dan sampling dengan margin erro 2 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Data ini bisa bergeser sebanyak 2 persen baik ke atas maupun kebawah," katanya.

Hasilnya diketahui bahwa Berbur menang 54,2 persen, dan Kholifah sebanyak 45,8 persen. "Artinya yang unggul tetap Berbaur," katanya, menjelaskan.

Pilkada di Kabupaten Pamekasan akan digelar di 1.583 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan.

Warga Pamekasan yang terdaftar sebagai pemilih pada pelaksanaan pesta demokrasi ini sebanyak 680.392 orang, terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 328.430 orang dan pemilih perempuan sebanyak 351.962 orang.

Pilkada Pamekasan ini diikuti dua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan. Masing-masing Badrut Tamam - Raja`e (Berbaur) dengan nomor urut 1 dan pasangan calon KH Kholilurrahman-Fathor Rohman (Kholifah) dengan nomor urut 2.

Sedangkan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang bersaing memperebutkan dukungan masyarakat pada pemungutan suara yang akan digelar 27 Juni 2018 adalah Khofifah Indar Parawansa-Elistianto Dardak dengan nomor urut 1 dan Syaifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno Putri dengan nomor urut 2.

Baca juga: Paman dan keponakan berebut jadi bupati Pamekasan

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018