Yogyakarta (ANTARA News) - Ratusan warga Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar "bancakan" atau syukuran di simpang empat Tugu Yogyakarta, Rabu malam, untuk menyambut keunggulan pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur Ganjar Pranowo-Taj Yasin dalam perolehan suara Pilkada Jawa Tengah 2018.

"Bancakan berupa nasi tumpeng dan jajanan yang dimakan bersama-sama itu sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas dikabulkannya doa kami," kata koordinator "bancakan" Agus "Becak" Sunandar disela kegiatan itu.

"Bancakan" yang dihadiri ratusan warga dari berbagai elemen di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu juga diwarnai penyerahan wayang kulit tokoh pewayangan Parikesit dari perwakilan seniman kepada koordinator kegiatan ini.

"Parikesit adalah sosok yang ramah, bijaksana, dan tidak arogan. Kami berharap Ganjar Pranowo dapat mencontoh Parikesit dalam menjalankan amanah rakyat, yang telah memberi kepercayaan kepada Ganjar untuk kembali memimpin Jawa Tengah," kata Agus.

Berdasarkan hasil hitung cepat atau "quick count" perolehan suara Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2018 yang dilakukan sejumlah pihak, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin unggul atas pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Hasil "quick count" yang digelar internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), pasangan Ganjar-Yasin unggul dengan suara 59,22 persen atas pasangan Sudirman-Ida yang memperoleh suara 40,8 persen.

"Quick count" yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, pasangan Ganjar-Yasin unggul dengan perolehan suara sebesar 58,79 persen atas pasangan Sudirman-Ida dengan perolehan suara 41,21 persen.

Pilkada Jateng 2018 diikuti pasangan Calon Gubernur Ganjar Pranowo-Taj Yasin dengan nomor urut 1 yang diusung PDIP, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar, sedangkan Sudirman Said-Ida Fauziyah yang bernomor urut 2 diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB.

Baca juga: Pasangan Ganjar-Yasin unggul sementara di hitung cepat

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018