Piala Dunia 2018

Jepang ke 16 besar meski dikalahkan Polandia 0-1

Jepang ke 16 besar meski dikalahkan Polandia 0-1

Bek Jepang Maya Yoshida (kiri) melompat dan menyundul bola dengan pemain depan Polandia Robert Lewandowski (kanan) pada pertandingan sepak bola Grup H Piala Dunia 2018 Rusia antara Jepang dan Polandia di Volgograd Arena di Volgograd (28 Juni 2018). (NICOLAS ASFOURI / AFP)

Jakarta (ANTARA News) - Jepang lolos ke babak 16 besar putaran final sepak bola Piala Dunia 2018 meskipun pada pertandingan terakhir grup H i Volgograd Arena, Volgograd, Rusia, Kamis, dikalahkan Polandia 0-1.

Dalam klasemen akhir grup H, Jepang berada di urutan kedua, sementara Kolombia, yang pada saat sama menang 1-0 atas Senegal, tampil sebagai juara grup dan lolos ke babak 16.

Jepang dan Senegal sama-sama memiliki nilai 4 dan juga selisih gol yang sama. Kedua tim bemain imbang 2-2 pada pertandingan grup H.

Namun Jepang berhak lolos berdasarkan perhitungan "fairplay" yang antara lain dihitung dari jumlah kartu kuning.

Seperti dipantau melalui laman resmi FIFA, Jepang yang sebenarnya cukup membutuhkan hasil seri untuk lolos ke babak 16 besar, tetap menampilkan permainan menyerang yang atraktif dengan serangan yang banyak dibangun dari sayap.

Sementara itu Polandia yang sudah pasti tersisih karena dua kalah pada laga sebelumnya, kali ini justru tampil lepas dan beberapa kali Lewandowski dapat menembus kotak penalti Jepang.

Data statistik di babak pertama, Lewandowski dan kawan-kawan unggul dalam penguasaan bola (56 persen) namun tidak banyak serangan Polandia yang membahayakan gawang Kawashima.

Sebaliknya Jepang tampil cepat, baik dalam bertahan maupun dalam serangan balik.

Pelatih Jepang Akira Nishiro tidak memasang beberapa pemain andalannya seperti Keisuke Honda dan Shinji Kagawa sebagai starter, namun pola permainan Jepang tidak banyak berubah.

Pada menit ke-59 Jepang dikejutkan oleh gol Polandia yang dicetak oleh Jan Bednarek, menyambut umpan tendangan bebas Rafal Kurzawa.

Lima menit setelah ketinggalan satu gol, Jepang mulai melakukan pergantina dengan memasukkan pemain klub Eibar Spanyol Takashi Inui yang banyak berperan di sayap kiri.

Namun Jepang masih sulit menembus pertahanan Polandia yang tempil makin percaya diri dan bahkan dapat memanfaatkan serangan balik yang berbahaya.

Bahkan pada menit ke-81 pemain Jepang Makino nyaris membuat gol bunuh diri ketika ia mencoba menghadang umpan tarik pemain sayap Polandia Kamil Grosicki.

Merasa sudah cukup aman dengan kekalahan 0-1 pada lima menit terakhir Jepang mencoba menahan bola sehinggga pertandningan menjadi tidak menarik.

Skor 1-0 tidak berubah hingga babak kedua berakhir.

Suusunan tim:

Jepang - Kawashima, Makino, Yoshida, Nagatomo, H Sakai, G Sakai Usami/Inui 59, Yamaguchi, Shibasaki, Okazaki/Osako 47, Muto.

Polandia - Fabianski, Jedzejczyk, Glik, Bereszynski, Bednarek, Krychowtak, Zielinski/Teodorczyk 79, Goralski, Kurzawa/Peszko, Grosicki, Lewandowski.

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar