Jakarta (ANTARA News) - Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta menyatakan akan mengerahkan sebanyak 425 petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) dalam pelaksanaan Operasi Bina Kependudukan.

"Ada 425 petugas P3S dari Dinsos DKI Jakarta yang akan diterjunkan dalam Operasi Bina Kependudukan yang diselenggarakan pada 10 Juli 2018 nanti," kata Kepala Dinsos DKI Masrokhan di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, ratusan petugas P3S tersebut akan dikerahkan untuk membantu para petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta saat melaksanakan Operasi Bina Kependudukan.

"Kami mempunyai sebanyak 425 petugas P3S yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta. Mereka itulah yang akan kami kerahkan untuk mendampingi para petugas Dinas Dukcapil dalam Operasi Bina Kependudukan," ujar Masrokhan.

Sampai dengan saat ini, dia menuturkan seluruh petugas P3S yang dimiliki oleh Dinsos DKI Jakarta telah mempunyai basis data wilayah yang rawan dijadikan sebagai kantong-kantong tempat tinggal sementara warga pendatang.

"Selain basis data, para petugas P3S kami yang ada di wilayah-wilayah juga sudah memiliki pos penjagaan yang dapat disinergikan dengan program Operasi Bina Kependudukan milik Dinas Dukcapil DKI," tutur Masrokhan.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinsos DKI Jakarta, jumlah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang berhasil dijangkau oleh pihaknya pada 2016 sebanyak 1.200 jiwa. Kemudian, mengalami penurunan pada 2017 menjadi 842 jiwa. Pada 2018, sejauh ini juga menurun menjadi 385 jiwa.

Pada prinsipnya, kami terus berkomitmen untuk mengurangi jumlah PMKS yang ada di wilayah ibukota. Apalagi mengingat dalam waktu dekat Kota Jakarta akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018," ungkap Masrokhan.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018