Pilkada 2018

Pilkada serentak 2018 dinilai aman dan lancar

Pilkada serentak 2018 dinilai aman dan lancar

Arsip: Petugas operator penghitungan cepat melakukan proses rekapitulasi surat suara Pemilihan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi dan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, di KPU Kota Bekasi, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/6/2018). (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Jakarta (ANTARA News) - Staf Ahli Menko Polhukam Dr Sri Yunanto menilai pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang digelar di 171 daerah berjalan lancar dan aman.

"Ini sangat membanggakan. Suksesnya Pilkada serentak 2018 ini merupakan kemenangan akan kepentingan bangsa di atas kepentingan golongan," katanya dikutip dari siaran pers di Jakarta, Jumat.

"Juga secara moral adalah buah dari keikhlasan semua pihak sebagai bangsa Indonesia yang cinta damai dan menjunjung tinggi persatuan," tambahnya.

Selain itu, keberhasilan Pilkada serentak 2018 juga menjadi bukti bahwa bangsa Indonesia mampu menjalani proses demokrasi yang sehat dan kompetitif, katanya.

Yunanto menilai sukses Pilkada serentak ini menjadi bukti demokrasi di Indonesia sudah berada pada relnya, sekaligus membuktikan bahwa bangsa Indonesia sangat adaptif mengikuti realitas dan perkembangan zaman.

"Memang demokrasi yang dijalankan belum sempurna, tapi ini sudah sangat bagus," katanya.

Ia meminta kelompok yang calonnya menang tidak perlu jemawa dan yang kalah tak perlu berkecil hati. Kalaupun ada masalah yang tidak wajar atau bahkan melanggar hukum harus diselesaikan melalui jalur hukum.

"Jangan menggunakan fisik, apalagi kekerasan, karena itu akan merusak demokrasi dan sendi-sendi persatuan dan kesatuan bangsa yang selama ini sudah kita bangun," ujarnya.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar